Week 1 – Tugas Kelompok 1 – 0124M

8 March 2012 at 21:04 (Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut)

Minggu 01 – Arsitektur Design dan Criteria

Diskusikan dalam kelompok.

Cari kasus nyata ditempat anda bekerja dan tentukan proses bisnis nya serinci mungkin. Setelah itu,

1. Tentukan Event Table

2. Gambarkan;

a. Class Diagram

b. Behavior dari Object dengan Statechart Diagram

c. Gambarkan Use Case Diagram, jelaskan juga spec actor dan use case.

d. Susun Function List

e. Gambarkan User Interface

f. Gambarkan Sequence Diagram untuk masing-masing User Interface

Kumpulkan pada pertemuan Ke 3 !

Team 4

MK: Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut

 

Flow Chart Kasus Spare Part Control

Actor Requester:

Tujuan: memesan spare part yang dibutuhkan agar mesin produksi tidak terhenti

Karakteristik: Mentriger kebutuhan sparepart

Contoh: Jika stock oli sudah tidak mencukupi maka requester sesegera mungkin membuat request spare part.

Actor Spare part Staff:

Tujuannya: mengakomodir semua pemesanan spare part dan membuat pemesanan pembelian serta memilih vendor.

Karakteristik: menuggu pemesanan dari requester

Contoh: Oli yang sudah dibuat pemesanannya, maka dibuatkannya purchase request nya.

Actor Purchasing Staff:

Tujuannya: Membuat Purchase Order dan mengirimkan order tersebut ke vendor

Karakteristik: memfolowup dari purchase request

Contoh: pemesanan oli yag sudah dibuatkan purchase requestny, maka sesegera mungkin membuat PO nya.

Use Case Spare Part Request: adalah suatu formulir untuk memesan spare part dari requester untuk diberikan kepada spare part staff untuk dapat difolow-up dengan mencari harga dan vendor yang sesuai

Use Case Update Spare Part: adalah jika pemesanan spare part tersebut ternyata jenis spare part yang belum terdaftar dalam data spare part maka, perlu di lakukan register spare part tersebut.

Use Case membuat purchase request: adalah suatu pemesanan pembelian setelah proses spare part request dan pencarian harga serta vendor telah dilakukan.

Use Case Membuat Purchase Order: adalah Suatu form pembelian barang kepada vendor yang telah diseksi dahulu.

Use Case Membuat Good Receipt: adalah Suatu form penerimaan barang dari vendor yang telah diperiksa terlebih dahulu apakah barang tersebut telah sesuai atau belum.

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: