Week 8 – Tugas Individu 6 – 0284M

10 May 2011 at 18:25 (Teknologi dan Infrastruktur E-Bisnis)

Minggu 08 – Software agents, Mekanisme Pencarian dan Solusi Paket Software untuk E-Business

Pertemuan 8 – Review Questions

  1. What are the differences between HTML and DHTML?
  2. What are the similarities and differences between ASP and JSP?
  3. List some of the shareware or freely available tools for web design. In addition to a good HTML editor, what utilities could be very handy to the developer?
  1. Given that XML is a moving target, why do you think that its adoption by the business community is being so prompt?
  2. What are DOMs and why were they developed? Why are some developers using SAX instead of DOM for document processing?
  3. The current recommendation of W3C is to use XHTML as an alternative to HTML. Do you think adopting XHTML is a wise move?
  1. XML has triggered the development of many related applications. As a business manager, would you choose one of these instead of developing your own framework?
  2. List five tags common to most versions of HTML and illustrate each of them with a particular use.

Jawaban

  1. Perbedaan HTML dan DHTML adalah Pada HTML, script HTML dikirimkan ke client dan dijalankan pada client tanpa ada pengolahan, tampilannya tidak berubah-ubah (tetap), bersifat terbatas dan pengelolaannya manual. Sedangkan pada DHTML, script HTML diolah di server dan dijalankan di client. Sifatnya interaktif, otomatis, berubah-ubah sesuai waktu dan permintaan.
  2. Persamaan ASP dan JSP adalah

–          ASP dan JSP serupa dalam struktur, adalah “” karakter sebagai account standar

–          ASP dan JSP dirancang untuk memudahkan pengembangan rancangan halaman dari Programming logic dengan menggunakan komponen yang dapat dipanggil dan kedua menyediakan alternative kepada programming CGI yang lebih menyederhanakan dalam pengemabangan Web dan penyebarannya juga.

–          Referensi di sisi server ASP dan JSP telah secara general, ASP dan JSP dapat mendukung fitur server ini (IIS, Apache) yang diimplementasikan pada sisi server.

Perbedaan ASP dan JSP adalah

–          Standart JSP dikeluarkan oleh Sun Microsystems, sedangkan ASP dikeluarkan oleh Microsoft.

–          JSP memakai komponen JavaBeans yang tidak tergantung platform (platform-independence) sehingga JSP bisa dikenali oleh aplikasi yang berjalan dalam platform apapun. Sementara itu ASP memakai obyek COM (Component Object Model) yang spesifik untuk platform Microsoft (Windows) seperti misalnya ADO.

–          Dalam ASP, script dapat ditulis memakai VBScript atau Jscript. Dalam JSP, script ditulis dengan memakai bahasa Java, serta dapat memakai berbagai framework dan standart tag library.

–          Dari sisi layanan server, ketika browser mengirimkan request dengan ekstensi *.asp, maka server web akan menyerahkan obyek request kepada interpreter ASP yang kemudian akan mengambil dan menjalankan skrip. Sedangkan untuk JSP, ketika browser mengirimkan request dengan ekstensi *.jsp, maka server web akan menjalankan script sebagai servlet, dimana halaman JSP akan dikompilasi terlebih dahulu menjadi servlet. Setiap instance dari servlet akan berjalan dalam thread tersendiri.

  1. CSS Sprite Generator

Menggunakan CSS Sprite adalah cara terbaik untuk meningkatkan performa halaman web dengan mengurangi jumlah permintaan HTTP yang dibutuhkan untuk rendering gambar, tapi memerlukan banyak perencanaan, pengukuran dan coding jika dilakukan secara manual. CSS Sprite Generator memungkinkan untuk megupload semua foto, Kita harus menyimpan file tersebut ke dalam file zip dan semua foto yang diupload akan di generate dan digabungkan oleh CSS ke dalam sebuah single sprite.

CSS Grid Builder

CSS Grid Builder adalah online GUI yang digunakan untuk menyesuaikan YUI Grid CSS. CSS merupakan framework ringan yang dikembangkan oleh Yahoo, yang dilengkapi dengan lebih dari 1000 kombinasi tata letak halaman. CSS Grid Builder memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak web dengan cepat. Kita tidak memerluka host file CSS pada server web karena Yahoo meyediakan Developer Network API yang terhubung ke stylesheet.

CSS Tidy

Merupakan aplikasi open source yang secara otomatis melakukan parsing, perbaikan dan mengoptimalisasikan kode CSS untuk mengurang ukuran file dan juga secara otomatis mengstandarisasi kode format CSS. CSS dapat juga mencari dan menghapus syle dan properties yang ganda. Kita dapat menyesuaikan pengaturan tingkat kompresi pada CSSTidy walaupun pada pengaturan default tingkat komperi yang diberikan 30%.

Blueprint: A CSS Framework

Blueprint mengurangi jumlah kode CSS yang harus menuliskan dengan mangikutsertakan common styles yang pengembang biasanya menggunakan reset CSS tersebut dan halaman layout

JavaScript Code Improver

JavaScript Code Improver adalah aplikasi sederhana, tanpa embel-embel yang memungkinkan dengan cepat merapikan dan format JavaScript. Ini cara yang hebat bagi tim pengembang untuk membakukan format kode JavaScript untuk pembacaan lebih mudah dan kolaborasi.

  1. XML diterapkan dan diadopsi secara luas oleh dunia industri dan bisnis. Hal ini dikarenakan feature-feature yang dimilikinya. XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standard layaknya heading, paragraph, table dan lain sebagainya.  Pada XML bisa menyimpan data baik dalam atribut maupun sebagai isi elemen yang diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup. Selain itu, XML mempunyai sifat portabilitas dan interoperabilitas yang tinggi serta ekstensibilitas XML sangat penting dalam bussiness interoperating. XML bersifat mudah untuk dibaca dan ditulis baik oleh manusia maupun komputer, maka XML merupakan sebuah format yang dapat digunakan untuk pertukaran data (interchange) antar aplikasi dan platform yang berbeda (platform independent). Metode deskripsi data XML (self-describing) membuatnya menjadi pilihan efektif untuk bisnis ke bisnis, solusi antar jaringan, e-business, dan aplikasi terdistribusi. XML juga bersifat dapat diperluas (extensible), dapat digunakan pada semua bahasa pemrograman, dan datanya dapat ditransfer dengan mudah melalui protokol standar internet seperti HTTP tanpa dibatasi oleh firewall. Kelebihan lain yang dimiliki XML adalah bahwa informasi bisa di pertukarkan dari satu system ke system lain yang berbeda platform. Misalnya dari Windows ke Unix, atau dari PC ke Machintosh bahkan dari internet ke handphone dengan teknologi WAP.
  1. Sebagai manager bisnis, tentunya akan lebih mudah menggunakan dari pengembangan aplikasi yang sudah ada seperti WML (Wireless Markup Language) yang digunakan pada mobile device dengan protokol WAP, atau VoiceXML yang digunakan sebagai bahasa markup untuk pengenalan suara, dialog, aplikasi interaksi respon suara maupun DTMF (seperti aplikasi pengisian pulsa atau call center).
  1. –  tag <b>..</b> fungsinya untuk menebalkan huruf

–  tag <i>…</i> fungsinya untuk memiringkan huruf (membuat huruf cetak miring)

–  tag <u>…</u> fungsinya untuk mencetak huruf bergaris bawah

– tag <font>..</font> digunakan untuk menempatkan selector-selector dan propertinya untuk membuat style suatu huruf pada suatu kata, kalimat, maupun character.

–  tag <blink>…</blink> digunakan untuk membuat tulisan berkedip

  1. Document Object Model (DOM) adalah object model standar untuk HTML dan XML yang bersifat platform independent. Sebuah web browser tidak harus menggunakan DOM untuk menampilkan dokumen HTML. Namun DOM diperlukan oleh JavaScript yang akan mengubah tampilan sebuah website secara dinamis. Dengan kata lain, DOM adalah cara JavaScript melihat suatu halaman HTML.

DOM standar dikembangkan untuk mempermudah pengembangan aplikasi web karena sebelum ada DOM standar yang dikembangkan oleh W3C, masing-masing web browser memiliki DOM sendiri. Akibatnya, bila suatu website ingin ditampilkan secara cross-browser compatible, ia harus dirancang untuk setiap web browser yang akan didukung.

Dan kenapa lebih banyak yang memilih SAX ketimbang DOM karena penggunaan SAX lebih cocok pada applikasi-aplikasi yang menggunakan XML sebagai representasi data eksternal dan menggunakan struktur datanya sendiri yang dapat berbeda jauh dari struktur-struktur dokumen yang digunakannya. Dan pengurai XML tidak perlu menyimpan data pada saat dokumen diuraikan, aplikasi yang menggunakan SAX cenderung memerlukan lebih sedikit memori untuk memproses dokumen XML. Selain itu , sifat penguraian SAX yang on-the-fly tidak memerlukan keberadaan seluruh dokumen sebelum penguraian dimulai. Pengembang hanya perlu berurusan dengan bagian dari dokumen berisi data, perluasan SAX ini mencerminkan kemampuan untuk mendapatkan lebih baik. Hal ini sangat berbeda jauh dengan DOM yang memerlukan seluruh dokumen diterima sebelum dapat memulai pemosresan.

  1. Menurut pendapat saya, pengadopsian XHTML merupakan tindakan yang bijaksana dari pada HTML karena XHTML dibuat dengan tujuan agar terdapat sebuah “bahasa” standar yang dapat digunakan oleh aplikasi lain secara luas dan oleh platform yang berbeda. Dengan menggunakan XHTML, sebuah situs masih dapat dinikmati dengan baik menggunakan browser teks, PDA, Phone Cell, dan lain-lain. Sedangkan HTML hanya dapat dinikmati dengan baik bila menggunakan Web Browser seperti IE atau Netscape. Hal ini memungkinkan halaman Web yang menggunakan HTML akan lebih dapat diterima secara luas oleh berbagai aplikasi

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: