Week 7 – Tugas Individu 5 – 0284M

10 May 2011 at 18:22 (Teknologi dan Infrastruktur E-Bisnis)

Minggu 07 – Server Platforms pada e-Commerce

Pertemuan 7 – Review Questions

1. Access the web and use a search engine to find the latest version of the popular web browsers. What are its new characteristics? How much does it cost, if anything?

2. List some application servers. Access the web and find the latest version of the application servers mentioned in the text. When were they released? Can you make any conclusion about the release cycle of Internet software in comparison to other business software (e.g. spreadsheet, word processor, accounting packages)?

3. List some commercial database management systems. What are the current characteristics of these products?

4. Go to the website of IBM, Oracle, Informix and Sybase. Is there any mention of e-commerce associated with their database products? What suite or partnership do they list with related e-commerce offerings? (note: Informix now part of IBM)

 5. List the main Web servers. What types of companies are offering the leading servers? Distinguish between open source and proprietary products. Who is providing support for the products? How much do they cost? Do you think the Web server purchase price is a significant factor in budget considerations for a large e-commerce initiative?

6. Access the web and find the current rate for website hosting. What are the criteria used by the ISP for pricing?

Jawaban

  1. Karakteristik Firefox versi 3.6.13

–          Security & Privacy

Anti-Malware: Firefox melindungi komputer dari virus, worm, trojan dan spyware yang dikirimkan melalui Web. Jika secara tidak sengaja mengakses situs yang terdapat virus, firefox akan memperingatkan dan memberitahu bahwa situs tidak aman untuk digunakan.

Anti-Phishing: Firefox mendapat update terbaru mengenai situs palsu sebanyak 48 kali dalam sehari, jadi jika mencoba untuk mengunjungi situs palsu yang berpura-pura menjadi sebuah situs yang dipercaya (seperti bank), browser akan memberikan pesan dan akan memberhentikan prosesnya.

Anti-Virus Software: Firefox mengintegrasikan secara elegan dengan perangkat lunak antivirus berbasis Windows. Bila men-download file, program antivirus komputer secara otomatis memeriksa untuk melindungi terhadap virus dan malware lainnya, yang dinyatakan bisa menyerang komputer.

Private Browsing: Kadang-kadang bagus untuk menyamar, dengan mengaktifkan fitur ini dan melindungi history browsing. Dan dapat masuk dan keluar dari mode browsing private dengan cepat, sehingga mudah untuk kembali ke apa yang telah dilakukan sebelumnya seolah-olah tidak pernah terjadi.

–          High Performance

Super Speed: Firefox sekarang termasuk mesin TraceMonkey JavaScript, yang memberikan kinerja browser secara dramatis lebih baik dari sebelumnya. Firefox selalu cepat, namun ini adalah Firefox tercepat yang pernah (lebih dari tiga kali lebih cepat seperti Firefox 3 dan 20% lebih cepat dari Firefox 3.5), yang berarti aplikasi web seperti email, situs foto, pengolah kata online dan lainnya akan merasa lebih cepat dan lebih responsif.

Smaller Memory Footprint: Firefox sedikit penggunaan memori komputer selama mengkatifkannya.

Faster Page Load: Sebuah mesin rendering dan tata letak halaman didesain ulang untuk melihat halaman Web dengan lebih cepat.

Crash Protection: Firefox menyediakan browsing yang tidak menggangu untuk pengguna Windows dan Linux ketika ada crash di Adobe Flash, Apple Quicktime atau Microsoft Silverlight plugin. Jika salah satu plugin ini sering crash atau freezes, itu tidak akan mempengaruhi Firefox. Sebaliknya, bisa reload halaman untuk me-restart plugin dan mencobanya lagi.

–          Greater Personalization

Add-ons Manager: Cari dan menginstal add-ons langsung di browser. Dan tidak perlu lagi mengunjungi situs-situs yang menyediakan add-ons.

Over 6,000 Ways to Customize: langit adalah batasnya dengan library berkembang lebih dari 6.000 Firefox add-ons, sedikit tambahan memilih untuk men-download dan menginstal untuk browser yang bekerja dengan cara yang diinginkan.

Dress Up Your Firefox with Personas: Firefox telah merubah settingan tema untuk memberikan akses ke ribuan tema dan mudah menginstalnya, yang berarti dapat mengubah tampilan Firefox secara praktis dengan satu klik. Pilih apapun dari desain sederhana untuk pola berwarna-warni untuk konten dari partners seperti Harry Potter, Bob Marley atau Lance Armstrong Foundation LIVESTRONG.

  1. Aplikasi Server:

Glassfish adalah server aplikasi yang kompatibel dengan Java EE yang paling sering diunduh di industrinya. Sun GlassFish Enterprise Server v3 adalah server aplikasi pertama di industrinya yang mendukung Java Platform Enterprise Edition 6 (Java EE 6) yang baru. Java EE 6 memperkenalkan fitur untuk meningkatkan fleksibilitas platform serta memudahkan perusahaan menggunakan Web Profile baru yang ringan, selain platform enterprise yang lengkap, untuk memenuhi kebutuhan bisnis. GlassFish Enterprise Server menawarkan transparansi melalui roadmap persyaratan dan prioritas produk yang tersedia untuk publik yang diperkuat oleh kontribusi eksternal dan komunitas yang enerjik

Aplikasi Oracle E-Business Suite Special Edition, sebuah paket aplikasi bisnis yang lengkap dan pre-configured yang memungkinkan pengelolaan seluruh fungsi bisnis inti secara efisien, seperti interaksi pelanggan, pengelolaan finansial, sumber daya manusia dan pengelolaan rantai pasokan. Arsitektur terbuka Oracle memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan aplikasi sebagai modul individual, alur bisnis atau paket terintegrasi.

Perbandingin perkembangan server aplikasi antara spreadsheet, word processor/accounting packages.

Spreadsheet, adalah perangkat lunak yang menyediakan fungsi-fungsi dasar dalam pengaturan data menjadi bentuk kolom dan baris yang memperbolehkan si pengguna untuk melakukan analisa secara numerik. Spreadsheet sering memanfaatkan fungsi aritmatika, seperti secara otomatis menjumlahkan semua nilai dari satu kolom tertentu. Fungsi ini diperlukan untuk anggaran dan faktur spreadsheet, misalnya. Logical Spreadsheets.  Yang termasuk dalam katagori ini seperti Lotus 1-2-3, Kspread, VisiCalc dan Microsoft Excel.

Word Processor, adalah program untuk pemrosesan dokumen (membuat, meng-edit, mem-format, menyimpan dan mencetak) yang mempunyai kemampuan menetapkan layout dan pencetakan. Bentuk file dokumen yang dihasilkan memiliki format yang lebih kompleks dibandingkan file teks.  Yang termasuk dalam katagori ini seperti Novell’s WordPerfect for Windows, Ami Pro dari Lotus, ,Microsoft’s Word for Windows.

Accounting, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat laporan keuangan/assets dari suatu organisasi.  Yang termasuk didalamnya ialah general ledger, account payable/receiveable, payroll, dan business tax preparation packages.  Contohnya: CA’ Simply Accounting, Great Plains’ Accounting Series, Intuit’s Quickbooks, dan Peachtree’s Accounting.

  1. DBMS adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.Pada pendekatan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai. Setiap kali terdapat kebutuhan baru dari seorang pemakai, kebutuhan segera diterjemahkan kedalam program komputer. Akibatnya, kemungkinan besar setiap program aplikasi menuliskan data tersendiri. Sementara itu ada kemungkinan data yang sama juga terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.

Contoh dari DBMS yaitu :

Oracle, SQL Server, Informix, DB2 dll.

Karakteristik Database dalam Database Management System (DBMS) Database memiliki tiga karakteristik utama, yaitu:

  1. Data yang sama dapat diakses secara serempak oleh beberapa pengguna untuk berbagai kegunaan yang berbeda.
  1. Data tidak bergantung kepada struktur penyimpanan atau cara membaca data dari program aplikasi, atau data bersifat transparan terhadap program aplikasi.
  1. Data memiliki integritas (yaitu akurasi dan validasi) yang terkendali.

Empat hal penting dalam DBMS

  1. Query language
  2. Security consideration
  3. Biaya tidak langsung pemrosesan
  4. Kecocokan dengan tipa aplikasi

Elemen-elemen utama dari DBMS ;

–          Data description language processor

–          Performance statistics processor

–          Modul backup/recovery

–          Manajer database

Keuntungan DBMS

–          Mengurangi pengulangan data

–          Mencapai independesi data

–          Mengintegrasikan data beberapa file

–          Mengambil data dan informasi secara cepat

–          Meningkatkan keamanan

–          Meningkatkan presentasi kesiapan data (data availability) yang berarti tersedia pada waktu dibutuhkan.

–          Mempercepat penyimpanan dan pengambilan data.

–          Mempercepat dan mempermudah pemrosesan data

–          Mengurangi penyimpanan data yang rangkap.

–          Mempermudah pemrograman karena lebih fleksibel.

Kerugian DBMS

–          Kurangnya ahli Data Base

–          Biaya pemrosesan data sangat tinggi

–          Kebutuhan software dan Hardware yang bertambah

–          Penggabungan dan pengamanan data

Mangikat pemakai untuk

–          Memperoleh perangkat lunak yang mahal

–          Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar

–          Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA

Beberapa fungsi yang disediakan oleh DBMS ini antara lain:

–          Mengatur dan mengontrol data dalam jumlah yang besar.

–          Melakukan backup, recovery, dan logging terhadap database.

–          Menyederhanakan dan memperluas database security.

–          Melakukan pemeriksaan terhadap integritas data.

  1. http://www.ibm.com

IBM mengumumkan versi terbaru dari Net Commerce untuk AS/400, yang lebih memudahkan pelanggan berskala kecil dan menengah untuk membangun, menjalankan dan mengelola toko elektronisnya di server yang andal dan berpengaman (secure).

IBM Net Commerce untuk AS/400 Versi 3 mendukung lingkungan e-commerce dari bisnis-ke-bisnis dan dari bisnis-ke-konsumen. Net Commerce menyediakan solusi total, dari pembuatan katalog dan situs sampai ke pemrosesan pembayaran dan pemenuhan pesanan (order fulfillment).

Kemampuan ini memungkinkan pelanggan mengintegrasikan toko-toko on-line mereka dengan seluruh operasi bisnis mereka, sekaligus menambahkan kapabilitas E-mail, kelompok diskusi dan bulletin board ke situs tersebut.

Produk-produk ecommerce pada ibm antara lain : Software, Storage, Servers & systems, Internet security, Personal computers, Point of sale, Printing systems from InfoPrint, Semiconductors, Upgrades, accessories & parts, Certified used systems & storage, Communities, Small business products, Medium business products.

http://www.sybase.com

Sybase IQ atau disebut Sybase Adaptive Server IQ, merupakan sebuah software sistem relational database untuk penyimpanan data (data warehousing). Sebagai DBMS yang berorientasi pada kolom, Sybase IQ menyimpan data tabel sebagai bagian kolom2 data daripada barisan data. Sybase.com juga memasarkan produknya dengan menggunakan e-commerce.

Produk-produk ecommerce pada Sybase antara lain:

Database Management

* Adaptive Server Enterprise

* SQL Anywhere

* Advantage Database Server

* Replication Server

Analytics & Business Intelligence

* Sybase IQ

* RAP – The Trading Edition

* Complex Event Processing

Mobile Enterprise

* Afaria

* iAnywhere Mobile Office

* Sybase Unwired Platform

* SQL Anywhere

Mobile Messaging

* Sybase SMS 365

* Sybase IPX 365

* Sybase GRX 365

* Sybase Operator Analytics 365

Mobile Commerce

* Sybase mBanking 365

* Sybase mPayments 365

* Sybase mRemittance 365

Modeling & Development

* PowerBuilder

* PowerDesigner

http://www.oracle.com

Oracle (NASDAQ: ORCL) adalah perusahaan piranti lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produk database, application server, collaboration selain enterprise business applications dan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT Oracle Indonesia adalah anak perusahaan dari Oracle Corporation, yang didirikan pada tahun 1995. Oracle juga menjual produk-produknya dengan e-commerce, hal ini untuk mempermudah pelanggan untuk membeli dari produk oracle.

Produk-produk ecommerce pada Oracle antara lain : Oracle Database, Oracle Fusion Middleware, Oracle Applications, Server and Storage Systems, Development Tools, Oracle On Demand, Oracle CRM On Demand, Product A-Z List

  1. http://www.jmm.com

Jupiter Media Metrix adalah perusahaan yang memberika pelayanan pada analisis dan pengukuran dampak akhir dari internet dan teknologi baru pada E-Commerce dan pemasaran. Didudukung dengan data yang sesuai, analisis industri yang spesifik, wawasan persaingan dan saran strategis. Pada web ini dapat dilihat E-Commerce dari Jupiter Media Metrix. Fasilitas yang diberikan antara lain, pelayanan riset, internet.com / earthweb.com, peristiwa-peristiwa, berita dan informasi perusahaan. Pelayanan riset meliputi riset analis Amerika serikat, riset analis Eropa, riset industri vertikal, riset adat, penyerahan hasil riset, penasehat program.

http://www.msn.com

MSN menarik lebih dari 270 juta pengunjung seluruh dunia setiap bulan. Menyediakan 34 pasar dan 18 bahasa. MSN merupakan pemimpin dunia dalam penyerahan pelayanan web kepada pelanggan dan solusi pemasaran digital untuk bisnis global. MSN membawa pelanggan kepada yang mereka butuhkan dari web untuk membuat sebagian besar waktu mereka online. Fsilitas yang diberikan oleh E-Commerce MSN antara lain, MyMSN, Hotmail, Search, Shopping, Money dan Chating. Pada web ini ditunjukkan E-Commerce dari MSN.

Open source merupakan suatu konsep yang sangat tepat untuk membentuk infrastruktur teknologi eCommerce. Bukan saja karena factor harga dan teknologi, tetapi juga dari keamanan. Bukan saja sistem yang aman, tetapi kemungkinan memanfaatkan sesuatu teknologi tidak dibatasi oleh Negara lain.

Untuk masalah harga. Sebaiknya harus lebih Selektif dalam memilih web Hosting. Karena  mengingat begitu banyaknya perusahaan Web Hosting yang berlomba memberikan harga murah dan fasilitas yang lengkap, namun faktanya mereka memiliki kekurangan yang bisa disembunyikan. Dan Jangan sampai mengeluarkan uang dengan sia-sia namun tidak mendapatkan jumlah yang tidak selayaknya.

http://www.arfsite.org

ARF mempromosikan pemasaran konsumen dan bisnis, riset media dan periklanan dengan kualitas tertinggi, mengembangkan basis pengetahuan, menyediakan peluang-peluang untuk semua segmen industri dan mengkomunikasikan dan mempromosikan penelitian dan pengetahuan ini lewat publikasi, konferensi, seminar, pusat informasi dan leawat yang lainnya.   Perusahan ini didirikan pada tahun 1938 dan merupakan perusahaan nonprofit. Advertising Research Foundation (ARF) bergerak dalam bidang periklanan, pemasaran dan riset media. Lebih dari 400 pengiklan, agen periklanan, perusahaan riset, perusahaan media, institusi pendidikan dan anggota asosiasi ARF. Pada web ini E-Commerce dari Advertising Research Foundation. Fasilitas yang diberikan oleh E-Commercenya, antara lain Penghargaan ARF yang dikenal dengan “ARF David Ogilvy Researchh Award”,  Konferensi dan Workshop, Kegiatan Pengurus ARF, Keanggotaan dan Publikasi ARF. Kegiatan Pengurus ARF meliputi pengembangan dan evaluasi kreativitas, pengukuran media digital, kinerja pemasaran, akuntabilitas media, metode dan teknik media, peiklanan luar ruang, mencetak hasil penelitian, riset kualitatif, riset radio, metode dan praktek kualitas riset, media elektronik video, yellow pages dan riset pemuda.

  1. Beberapa kriteria penentuan harga web hosting adalah : Advertising dalam web, Affiliasi, Traffic, Backlink, Pagerank, Hits.

Selain itu beberapa pertimbangan lain adalah :

–          Registrasi Nama Domain.  Pendaftaran untuk nama domain website anda seperti:  .com, .net, .org, .biz, .info dll.

–          Unlimited Web Hosting. Tidak ada batasan untuk Kapasitas penyimpanan data web, Traffic, Email POP3, Webmail.

–          Unlimited Web Pages. Tanpa adanya batasan untuk jumlah Halaman Website yang bisa ditambahkan oleh pemilik website.

–          Design Halaman web. Mencakup : Company Profile, Jenis Product dan Layanan, Halaman Contact, Image Gallery, Formulir, Instalasi Addon pilihan, dll.

–          Setup Sitemap Membuat index link untuk seluruh halaman web guna mendapatkan listing index web di mesin pencarian lebih baik (optional)

–          Submit website. Mendaftarkan website anda ke Search Engine terkemuka seperti Yahoo, Google, MSN, Hotmail (optional)

–          Setup Site Analytic. Tool lengkap untuk visitor tracking (optional)

–          Hak Akses penuh. Hak Admin untuk Administrator, dan Pengelolaan Server Hosting kepada pemilik web.

–          Full Support selama 2 Bulan, Dukungan selama 2 bulan oleh web hosting untuk Update Konten Web, Perbaikan jika ada error, dll. (Bisa di upgrade ke 12 bulan penuh)

–          24/7  Client Support. Dukungan pada klien selama 12 bulan yang dilakukan melalui Client Area Web hosting.

–          Panduan Dasar Pemakaian Website. Tutorial secara langsung (optional) dan secara online untuk dapat mengoperasikan sendiri cms web yang dibuat.

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: