Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

9 May 2011 at 12:05 (Konsep Sistem Informasi)

TUGAS KELOMPOK KE DUA

Kerjakan tugas ini secara berkelompok melalui diskusi yang intensif . Jangan ragu untuk mengemukakan pendapat dan pengetahuan yang anda telah ketahui.

  1. jelaskan bagaimana m-comm dapat memperluas jangkauan dari e-business yang sedang dilakukan oleh sebuah organisasi!
  2. tulis dan  jabarkan 3 atau 4 keunggulan perdagangan secara nirkabel pada pelanggannya dan jangan lupa manfaat apa yang diperoleh pelanggannya
  3. coba cari manfaat dari telemetry di bidang kesehatan untuk menangani orang jompo
  4. diskusikan bagaimana peralatan nirkabel dapat membantu orang cacat mengatasi kesulitan kegiatan hidupnya agar dapat menyamai orang yang normal?

 SELAMAT MENGERJAKAN

  1. Jelaskan bagaimana m-comm dapat memperluas jangkauan dari e-business yang sedang dilakukan oleh sebuah organisasi!

Jawaban :

Dengan m-comm perdagangan dunia dalam genggaman, semua  dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, baik transaksi e-business ataupun penawaran, kapanpun dan dimanapun bisa dilakukan selama ada fasilitas, karena m-comm telah menghilangkan batasan atara masing-masih individu yang akan melakukan transaksi. M-comm membuat jangkauan pemasaran tidak hanya terfokus pada satu lokasi, daerah tertentu atau Negara tertentu, malainkan seluruh penjuru dunia bisa melakukan ini. Memang saat ini M-comm belum membuming karena minimnya minat masyarakat, kurangnya situs jejaring yang mendukung aplikasi mobile, dan harga device yang cukup mahal, tapi beberapa tahun kedepan diperkirakan akan berbeda dengan tahun sekarang ditambah membanjirnya produk mobile (PDA, Smart Phone, dll) dengan harga yang murah dan fasilitas yang bisa diperhitungkan. Proses yang cepat, bisa digunakan dimanapun, kapanpun, dan tanpa ada batasan waktu, ini akan menjadi pilihan utama para pebisnis beralih ke m-comm ketimbang menggunakan versi tradisional.

  1. Tulis dan  jabarkan 3 atau 4 keunggulan perdagangan secara nirkabel pada pelanggannya dan jangan lupa manfaat apa yang diperoleh pelanggannya

Jawaban :

  1. a.      Hemat waktu

Dengan adanya ecomm dan m-comm, tetunya bisa mempersingkat waktu pemesanan produk dari suatu perusahaan baik yang berada di luar negeri ataupun yang berada didalam negeri, tanpa harus pergi kesana untuk melakukan pemesanan. Tentunya pembeli bisa menghemat waktu perjalanan dan menggantikan dengan kegiatan lain

  1. b.      Kemanan

Jika pelangan atau pembeli sudah setuju dengan harga yang ditawarkan, maka bisa melakukan pembayaran dengan media yang telah disepakati kedua belah pihak tanpa harus mengantarnya secara cash ke tempat tujuan

  1. c.       Pemasaran / Pemesanan

Ecomm dan m-comm telah membuka pintu baru penjualan secara bebas, tanpa adanya batasan ruang dan waktu, kapanpun dan dimanapun bisa melakukan transaksi pembelian secara online tentunya selama masih ada fasilitas yang mendukung (sinyal, dll).

  1. d.      Hemat biaya

Baik penjual maupun pembeli sama-sama diuntungkan dengan adanya ecomm dan m-comm ini, karena dengan adanya ecomm dan m-comm ini penjual bisa menghemat biaya banyak dari mulai sales, sewa gedung, dan informasi terkait dengan bisinis bisa terhendel dengan  adanya ecomm dan m-comm ini. Dan efeknya pembeli bisa mendapatkan harga yang pastinya cukup pantastis dari penjual karena penjual tidak banyak mengeluarkan biaya untuk memasarkan, atau harus mengeluarkan biaya untuk sewa kantor.

  1. Coba cari manfaat dari telemetry di bidang kesehatan untuk menangani orang jompo

Jawaban :

a)      Mempercepat penanganan pasien walaupun dokter tidak tatap muka langsung dengan adanya video call (3G, dll)

b)      Pasien akan lebih terkontrol dengan adanya alat yang menginformasikan secara langsung kesehatan pasien terhadap system secara otomatis.

c)      Dengan adanya sensor dan kamera yang terpasang dip anti memungkinkan secara otomatis tingkah laku dari pasien bisa terkontrol.

  1. Diskusikan bagaimana peralatan nirkabel dapat membantu orang cacat mengatasi kesulitan kegiatan hidupnya agar dapat menyamai orang yang normal?

Jawaban :

Pada masa mendatang, mengalami cacat fisik karena sebuah kecelakaan bukan menjadi halangan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari layaknya manusia normal. dengan peralatan nirkabel yang terus berkembangkan menggantikan sebagian anggota tubuh yang hilang itu. Dari mata hingga kaki. Implan retina elektronik yang dapat membantu orang-orang cacat tertentu melihat dengan lebih baik Mata rekayasa ala Blade Runner tetap jauh. Tetapi dengan menggantikan fungsi sel-sel retina, implan dapat membantu memberikan tingkat visi dasar bagi mereka yang menderita retinitis pigmentosa atau usia degenerasi makula terkait, penyebab utama kebutaan. Pengguna akan memakai kacamata khusus yang dilengkapi dengan kamera yang kecil gambar relay data ke chip terbungkus titanium yang dipasang di permukaan luar bola mata. Chip kemudian akan memecat elektroda array di bawah retina untuk merangsang saraf optik. Gelas juga akan mengirimkan secara nirkabel kekuatan untuk kumparan yang mengelilingi bola mata.

Touch Bionics, perusahaan Inggris yang memenangkan penghargaan atas pembuatan tangan bionik membuat sebuah tiruan jari tangan bagi penyandang cacat. Dengan alat ini pasien yang tangan dan jarinya diamputasi dapat menjalankan aktivitas normalnya kembali. Ia kembali bisa menulis, minum dan aktivitas lainya seperti sebelum amputasi.

Prodigits digerakkan dengan beberapa motor listrik. Pengguna dapat mengerakkan jari-jari bioniknya tanpa harus melalui proses operasi. Sensor-sensor yang bersentuhan dengan sisa-sisa jari atau otot yang tidak teramputasi akan mengirimkan signal ke chips.. Simpul-simpul ini kemudian diterjemahkan dalam gerakan jari-jari bionik.

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: