Week 9 – Tugas Kelompok 3 – 0034M

9 May 2011 at 21:53 (Informasi dan Proses Binis)

Minggu 09 – Proses Bisnis SDM dan Keuangan

Tugas 9 Kelompok

  1. Dari hasil pengembangan solusi bisnis untuk perusahaan yang dipilih, presentasikan REAL Modelnya dengan format sbb :
  • Gambaran umum perusahaan : visi dan misi perusahaan , sejarah perusahaan singkat, industri, jenis produk, struktur organisasi, jumlah karyawan, omzet.
  • Aktivitas operasi (Operating event)
  • Tabel REAL model :
Event Business Objective Business Trigger Business Risk Resources Agent Location
  • Model Grafik
  • Aktivitas Informasi(Information event)
  • Aktivitas Pengambil keputusan(Decision event)
  • Masalah yang dihadapi dan solusinya
  1. Presentasikan pada pertemuan 10. Perhatikan presentasi dari tim lain dan berikan pendapat untuk solusi yang diberikan. Apakah setuju atau ada solusi lain.

Jawaban

Tugas 9 Kelompok

  1. Dari hasil pengembangan solusi bisnis untuk perusahaan yang dipilih, presentasikan REAL Modelnya dengan format sbb :
  • Gambaran umum perusahaan : visi dan misi perusahaan , sejarah perusahaan singkat, industri, jenis produk, struktur organisasi, jumlah karyawan, omzet.

Visi dan Misi Perusahaan PT. OLISER INDONESIA:

* Hasil sempurna tanpa masalah

* Jaminan garansi untuk produk maupun jasa yang bermasalah

* Produk jauh lebih awet dan tidak merusak

* Quality control produk dan jasa refill

* Update produk dan jasa sesuai dengan teknologi yang terus berkembang

Sejarah singkat perusahaan, industri, jenis produk, struktur organisasi, jumlah karyawan, omzet:

Oliser Indonesia adalah bagian dari Oliser International yang berkedudukan di Ankara, Turkey, Oliser International sendiri merupakan penghasil produk dan mesin refill terbesar untuk wilayah Eropa Timur dan Barat dengan jaminan kualitas produk yang terbaik. Oliser telah mempunyai cabang diseluruh dunia, yaitu: Itali, Slovakia,  Yunani, Spanyol, Polandia, U. A. E, Saudia Arabia, Ceko, Jerman, Afrika Selatan, Inggris, India, Rusia, Ukraina, Filipina, Prancis. Oliser Indonesia berdiri pada tahun 2003 dengan cabang pertama di Mangga Dua Mall, Oliser Indonesia didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan jasa refill yang pada waktu itu masih sangat jarang terutama jasa refill yang menggunakan mesin.Sekarang Oliser Indonesia telah berkembang pesat dan telah mempunyai cabang-cabang yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia, seperti Jabodetabek, Medan, Jambi,  Pekan Baru, Batam, Balikpapan, Tegal, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan masih akan bertambah terus. Jumlah pegawai pada Oliser Indonesia adalah 51-100 orang.  Perusahaan ini termasuk dalam industry agen dan distributor yang menjual produk seperti Refill,Tinta,Mesin Refill,Supplies.

  • Aktivitas operasi (Operating event)

–          Membuat surat retur pembelian, Membuat surat permintaan pembelian, Membuat bukti bank keluar, Membuat Bukti pembayaran, Membuat jurnal pembelian, Membuat PO, Membuat perubahan pemesanan, Membuat surat permintaan penawaran harga, Membuat bukti barang masuk.

  • Tabel REAL model :
Event Business Objective Business Trigger Business Risk Resources Agent Location
Membuat surat retur pembelian Retur,inventory Karyawan gudang
Membuat surat permintaan pembelian Stock, inventory Karyawan gudang
Membuat laporan pengeluaran barang inventory Karyawan gudang
Membuat bukti bank keluar Karyawan gudang
Membuat laporan retur barang inventory Karyawan gudang
Membuat laporan persediaan inventory Karyawan gudang, karyawan akuntansi
Mendaftarkan karyawan karyawan Manajer pembelian dan persediaan
Mendatarkan pemasok supplier Manajer pembelian dan persediaan
Mendaftarkan persediaan inventory Manajer pembelian dan persediaan
Membuat Bukti pembayaran Invoice, cash Karyawan keuangan
Membuat laporan pembayaran Invoice, cash Karyawan keuangan
Membuat laporan hutang hutang karyawan akuntansi, karyawan keuangan
Membuat bukti penyesuaian perhitungan fisik Inventory karyawan akuntansi
Membuat jurnal pembelian cash karyawan akuntansi
Membuat jurnal pengeluaran kas cash karyawan akuntansi
Membuat jurnal retur pembelian retur karyawan akuntansi
Membuat surat perintah pengeluaran barang Karyawan penjualan
Membuat PO inventory Karyawan pembelian
Membuat perubahan pemesanan inventory Karyawan pembelian
Membuat surat permintaan penawaran harga inventory Karyawan pembelian
Membuat laporan prestasi pemasok Karyawan pembelian
Membuat bukti barang masuk PO,inventory Karyawan penerimaan
Membuat laporan penerimaan barang PO Karyawan penerimaan
  • Model Grafik

  • Aktivitas Informasi(Information event)

Membuat laporan pengeluaran barang, Membuat laporan retur barang, Membuat laporan persediaan, Membuat laporan pembayaran, Membuat laporan hutang, Membuat laporan prestasi pemasok, Membuat laporan penerimaan barang.

  • Aktivitas Pengambil keputusan(Decision event)

Mendaftarkan karyawan, Mendatarkan pemasok, Mendaftarkan persediaan.

  • Masalah yang dihadapi dan solusinya

Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini ialah sistem pengendalian internal yang kurang baik dalam prosedur pembelian dan pengelolaan persediaan di mana tidak terdapat dokumen pendukung yang kuat atas transaksi yang terjadi dan tidak terjadi pemisahan fungsi pembelian dan penerimaan sehingga mengakibatkan terjadi ketidaksesuaian pencatatan persediaan dengan bukti fisik persediaan yang ada. Oleh karena itu perlu untuk mengusulkan solusi berupa prosedur baru yang memenuhi seluruh kriteria pengendalian internal yang baik pada perusahaan Oleh karena itu perlu untuk mengusulkan solusi berupa prosedur baru yang memenuhi seluruh kriteria pengendalian internal yang baik pada perusahaan Analisi dilakukan dengan pengamatan roses bisnis dan pengumpulan data perusahaan dan mengusulkan solusi untuk mengatasi permasalahan Dalam perancangan dibuat suatu alur kerja terkomputerisasi yang telah melalui proses perancangan komponen model, komponen fungsi dan database serta komponen user interface yaitu dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kinerja perusahaan serta memenuhi unsur sistem pengendalian internal yang baik pada perusahaan sehingga berbagai kesalahan dan masalah yang sebelumnya sering terjadi dapat diatasi, dan memberikan informasi keuangan (laporan) dan akuntansi (jurnal) yang dibutuhkan pihak manajemen untuk melakukan evaluasi kinerja perusahaan dan membuat kebijakan serta menyusun strategi untuk pengembangan perusahaan

  1. Presentasikan pada pertemuan 10. Perhatikan presentasi dari tim lain dan berikan pendapat untuk solusi yang diberikan. Apakah setuju atau ada solusi lain.

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: