Week 9 – Tugas Individu 9 – 0594M

9 May 2011 at 22:52 (Enterprise System)

MInggu 09 – Implementing Successive Releases of ERP Systems

Self-Assignment
Pert 9

1.Jelaskan perbedaan new version, minor upgrade dan major upgrade?
2.Jelaskan apa yang Anda pahami mengenai software standard, berikan contoh salah standar yang Anda ketahui
3.Jelaskan faktor apa saja yang menentukan suksesnya implementasi ERP

Jawaban

  1. Perbedaan new version, minor upgrade dan major upgrade adalah

New Version

Release terbaru dari sebuah software tersendiri, itu berarti vendor baru saja merilis versi yang terbaru yang benar-benar berbeda dari versi yang ada pasaran dan yang telah dipasarkan sebelumnya.

Minor upgrade

Instalasi minor upgrade terhadap aplikasi yang sudah ada akan berakhir sampai dengan major upgrade secara efektive meng-uninstall  instalasi yang sudah ada dari sebuah produk dan selanjutnya akan menginstal produk dengan versi yang terbaru. Fungsionalitas yang diperlukan untuk menginstal upgrade minor adalah setup.exe installation launcher.  yang harus disertakan dalam rilis agar minor upgrade untuk bekerja dengan baik. Instalasi ditetapkan pada saat pembangunan, dan juga akan digunakan untuk melakukan validasi upgrade. Dalam membangun juga akan memverifikasi bahwa instalasi direferensikan memang dapat diperbarui menggunakan upgrade minor.

Major Upgrade

Sebuah major upgrade secara efektif akan menghapus instalasi yang sudah ada dari suatu produk, dan kemudian menginstal versi produk terbaru. Sebuah major upgrade sesuai untuk perubahan arsitektur instalasi substansial yang mungkin atau mungkin tidak mengubah nomor versi utama produk (seperti mengupgrade versi 1.1.0 ke versi 2.0.0). Sebuah major upgrade diperlukan jika salah satu dari berikut ini terpenuhi:

–          Proyek upgrade berisi komponen baru dalam fitur yang ada.

–          Sebuah komponen yang sudah ada seperti properti kode komponen telah berubah, atau komponen telah dihapus dari list produk.

–          Sebuah fitur yang ada telah dipindahkan di list produk, atau dihapus dari list produk.

–          Nama dari file .msi telah berubah.

  1. Software standar adalah suatu perangkat lunak yang dibangun dengan feature-feature minimum sehingga akan menghemat bagi konsumen untuk dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan. Contoh software standar adalah Microsoft office Basic yaitu hanya terdapat feature Ms. Excel, Ms. Word, Ms. Outlook.  Tetapi jika menggunakan Microsoft office Small Business tentu akan ada tambahan feature seperti Ms. Power Point dan tentunya jika menggunakan Microsoft office Professional akan ada tambahan feature seperti Ms. Access, Ms. Publisher, Ms. InfoPath. Contoh lain adalah Ms. Windows XP Home Edition jika ingin menggunakan full featurenya dapat menggunakan  Ms. Windows XP Proffesional.
  1. Factor-faktor sukses dalam implementasi ERP:
  1. Faktor Organization, hendaknya perusahaan meningkatkan komitmen mereka terhadap sistem ERP, meningkatkan program education, dan mengatur program training yang mencukupi.
  2. Faktor People, hendaknya perusahaan memperhatikan kualitas SDM-nya dengan meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam mengaplikasikan sistem ERP mereka lewat program-program training.
  3. Faktor Data, hendaknya perusahaan memperhatikan penelolaan data dengan memperbaiki struktur data, dan sistem penyimpanan data baik data berupa master files atau transactional files.
  4. Faktor Process, hendaknya perusahaan meningkatkan pengelolaan sistem ERP dengan cara menyesuaikan sistem ERP dengan perkembangannya dan proses bisnis perusahaan agar fungsi-fungsi yang ada dalam sistem ERP dapat dimanfaatkan secara maksimal.
  5. Faktor Technology, meskipun sekarang ini telah memiliki teknologi canggih, hendaknya perusahaan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mengaplikasikan sistem ERP seperti meningkatkan kwalitas hardwarenya.

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: