Week 2 – Tugas Individu 2 – 0594M

9 May 2011 at 22:26 (Enterprise System)

Minggu 02 – Applications Can be Assisted by ERP and CRM

Self-Assignment
Week 2

  1. Susunlah sebuah essay (paper) dengan topic “Killer application”.
  2. Sumber tulisan/literature : min 3 sumber (dapat dari buku maupun web, jika sumber dari web tulisan alamat secara lengkap)
  3. Kerangka tulisan :
  • Pengantar/Latar Belakang
  • Lingkup bahasan
  • Isi/uraian bahasan
  • Simpulan
  • Daftar pustaka
  1. Format tulisan :
  • Times new romans, 12
  • Spasi 1,5
  • Margin normal
  • Sertakan gambar/grafik/ilustrasi jika ada

 Jawaban

Potensi Koprol sebagai Killer Application


 1.     Latar Belakang

Sering mendengar sebuah perusahaan TI yang tiba-tiba mendadak menjadi perusahaan super kaya. Seperti youtube, yang di akuisis oleh google dengan harga USD1,65 miliar, harga yang sangat menakjubkan. Selain itu ada facebook, dengan kekayaan perusahaan hingga 17,4 trilliun rupian. Ada juga imageshack.us yang pendirinya saja memiliki kekayaan sebesar Rp 560 Milyar, bayangkan berapa kekayaan perusahaanya.

Killer application adalah program (software) yang demikian populernya sehingga digemari banyak orang. Efek sampingannya adalah penjualan hal-hal yang terkait dengannya menjadi melonjak. Sebagai contoh, visicalc dulunya merupakan killer application yang membuat penjualan personal computer (Apple pada masa itu) meningkat dengan tajam.

Meskipun pada awalnya killer application dikaitkan dengan software yang berjalan di atas komputer, killer application bisa juga digunakan secara umum untuk layanan lain seperti layanan di handphone.

Produk seperti youtube, facebook, imageshack dan lain-lain di sebut dengan killer applications. Menurut wikipedia, killer application adalah sebuah softeware atau aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Begitu dibutuhkannnya aplikasi tersebut membuat konsumennya meledak tak terbendung. Hal ini yang membuat aplikasi-aplikasi tersebut melejit dalam popularitas dan berbanding lurus dengan meningkatnya pendapatan.

2.     Lingkup Bahasan

Ruang lingkup pembahasan yang akan dibahas adalah koprol, suatu jejaring social sebagai karya anak bangsa yang telah diakuisisi oleh yahoo yang dibuat oleh PT. SkyEight Indonesia.

3.     Isi

Dengan terus meningkatnya persaingan di layanan broadband, maka killer app sangat dinantikan untuk menjadi sumber pertumbuhan. Persaingan selalu merupakan kondisi yang menarik untuk belajar marketing dan sharing marketing ideas. Akses broadband memungkinkan berkembangnya berbagai jenis aplikasi baru yang akan lebih sulit dinikmati oleh pengguna tanpa menggunakan akses broadband tersebut. Salah satu aplikasi yang kini diharapkan menjadi salah satu killer app untuk layanan broadband, khususnya mobile broadband adalah Location Based Services.

Location Based Services (LBS) menurut SearchNetworking.com adalah aplikasi software yang memanfaatkan informasi mengenai lokasi dari piranti bergerak (mobile-devices). Salah satu contoh sederhana adalah informasi lokasi ATM terdekat yang dikirimkan ke salah satu piranti bergerak sesuai dengan lokasi piranti tersebut berada. Contoh lain adalah mobile advertising, yaitu informasi komersial yang dikirimkan ke piranti bergerak yang relevan dengan posisi piranti tersebut. Misalnya informasi komersial mengenai program diskon menu tertentu di salah satu café yang berlokasi dekat dengan posisi piranti bergerak.

Aplikasi LBS ini memerlukan lima komponen utama, yaitu (1) aplikasi software dari service provider, (2) jaringan bergerak (mobile network) untuk mengirimkan data dan permintaan layanan, (3) content provider yang menyediakan informasi geo-specific yang relevan bagi end-user, (4) komponen positioning (Global Positioning System / GPS) dan (5) piranti bergerak dari end user.

Koprol adalah layanan serupa mikrobloging asli Indonesia yang memungkinkan penggunanya berbagi informasi, review, foto, dan informasi tambahan lainnya tentang lokasi tempat pengguna melaporkan saat itu. Dengan demikian, secara sendirinya terbentuk komunitas-komunitas pengguna koprol di daerah-daerah seperti komunitas Koprol Depok bernama Sikodok.

“Awalnya proyek iseng-iseng. Perusahaan kita software development, tahunya orang suka. Dapet perhatian dari media, komunitas teknologi. Awal tahun ini dapat perhatian dari bisnis, brand,” ujar Satya Witoelar salah satu pendiri SkyEight. “Koprol didesain secara unik untuk ponsel dan dalam setahun telah membangun basis pengguna yang besar,” kata Rose Tsou, Senior Vice President Asia Region di Yahoo, seperti dilansir Yahoo Finance, Selasa (25/5/2010), menjelaskan salah satu alasan akuisisi tersebut.

Pada 8 Desember 2009 jumlah penggunanya sudah mencapai 16.800 pengguna dalam waktu 10 bulan sejak diperkenalkan. Namun, dalam tiga bulan terakhir 2010, Koprol mengklaim penggunanya tumbuh lebih dari tiga kali lipat, tepatnya 354 persen. Koprol menargetkan anggota tahun ini bisa mencapai lebih dari 500.000 orang.

Demi meraih target ini, Koprol akan menambah jaringan ponsel yang bisa mengakses Koprol. Koprol kini baru bisa menyediakan layanan akses via BlackBerry. Ke depannya, Koprol juga akan menyediakan aplikasi untuk sistem operasi ponsel Java dan dan Symbian. Koprol juga membuka peluang bagi penyedia software lain untuk berinteraksi dengan layanan Koprol melalui application programming interface (API).

Keunikan Koprol dibanding layanan lainnya karena memungkinkan penggunanya memberikan review, berbagi foto, dan informasi tambahan lainnya terhadap suatu tempat yang tengah dikunjunginya. Informasi tersebut dapat dilihat pengguna lain yang tengah berkunjung ke lokasi yang sama dan saling berkomunikasi. Uniknya lagi, untuk melakukan check in atau memilih lokasi yang sedang dikunjungi tidak perlu menggunakan GPS.

4.     Simpulan

Apa yang bisa dimanfaatkan dari layanan ini memang akan sangat luar biasa. Lingkup pemanfaatan dan jenis layanan yang bisa dikembangkan bisa sangat luas dan beragam. Strategi bisnis yang menekankan pada karakter lokal dalam lingkungan global akan sangat terbantu . Pengenalan profil dan karakter pelanggan bisa sangat detail. Bayangkan kegiatan kita sehari-hari bisa dikenali oleh provider layanan ini. Kebiasaan belanja, kebiasaan makan, preferensi hotel untuk menginap dan sebagainya akan bisa dikenali dan direkam. Kemudian bayangkan data dari sekian banyak individu dapat dikumpulkan dan bisa menjadi senjata dalam marketing yang sangat ampuh dalam mengenali market dan customer.

5.     Daftar Pustaka

http://rahard.wordpress.com/2010/05/09/killer-application-berikutnya/

http://followupidea.com/internet-a-web-tech/54-mencari-peluang-killer-application

http://tekno.kompas.com/read/2010/05/25/18051048/Koprol.Awalnya.Hanya.Proyek.Iseng

http://tekno.kompas.com/read/2010/05/25/15501381/Koprol.Berpotensi.Jadi.Killer.Application.di.Ponsel

http://tekno.kompas.com/read/2010/05/31/15551927/Tahun.Ini..Koprol.Targetkan.500.000.Pengguna

http://kopicoklat.com/tag/killer-application/

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: