Week 9 – Tugas Kelompok 3 – 0204M

26 January 2011 at 22:27 (Konsep E-Business)

Tugas :

  1. Bedakan antara strategi sourcing dan spot sourcing?

Jawaban :

Strategi sourcing : adalah sebuah cara pembelian dimana hubungan antara pembeli dan pemasok itu terjadi dalam jangka panjang atau sudah ada kontrak tersendiri antara pembeli dan pemasok. Pembeli disini bisa dikatakan sebuah perusahaan jadi perusahaan tersebut sudah memiliki vendor terpercaya dan vendor tersebut terikat kontrak terhadap perusahaan terkait sehingga dalam kurun waktu tertentu vendor harus mentuplai barang ke perushaan tersebut. Nilai dari barang tidak berubah karena sudah diatur di kesepakatan awal.

Spot sourcing : adalah sebuah cara pembelian dimana hubungan antara pembeli dan pemasok terjadi begitu saja dengan kata lain ketika ada permintaan pembeli atau perusahaan akan segera mencari vendor yang cocok dari segi harga dan kualitas kemudian melakukan kerja sama jual-beli. Kegiatan ini tidak berlangsung lama karena tidalk ada kontrak dan perusahaan bisa mengganti vendor yang lainnya untuk pengadaan berikutnya. Disini nilai barang akan bersifat dynamic tergantung dari besarnya permintaan dan persediaan.

  1. Apa yang dimaksud dengan Dynamic pricing? Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Jawaban :

Dynamic pricing adalah suatu keadaan dimana nilai suatu barang dapat berubah-ubah tergantung dengan persediaan dan permintaan.

Sesuai dengan penjelasan diatas maka dynamic pricing bisa terjadi ketika ada pergerakan dalam perimintaan dan persediaan suatu barang dimana naik turunnya permintaan dan persediaan akan sangat berpengaruh pada nilai barang tersebut, sebanyak permintaan maka nilai barang akan semakin tinggi sebaliknya semakin banyak persediaan maka nilai barang akan semakin rendah.

 

 

 

  1. Jelaskan bagaimana proses e-bay.com.

Jawaban :

Saat ini eBay merupakan salah satu pasar elektronik terbesar di dunia, di mana jutaan orang bertemu setiap hari untuk membeli dan menjual produk. eBay pada dasarnya adalah sebuah pasar loak besar dengan sistem lelang. Orang-orang membawa apapun yang mereka miliki untuk dijual, menaruhnya di layar, dan pembeli memberikan tawaran berapa banyak mereka akan bersedia membayar untuk itu.

Kebanyakan barang di eBay dijual melalui pelelangan. Anda dapat menempatkan tawaran untuk item yang ingin Anda beli. Disini Anda bersaing dengan pembeli lain, namun apabila tawaran Anda adalah yang tertinggi, Anda lah yang memenangkan lelang dan harus membayar sejumlah dengan tawaran Anda untuk item yang Anda pilih. Bila Anda menempatkan sebuah tawaran, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi User ID dan password (sebelum melakukan pelelangan, Anda harus melakukan registrasi untuk menjadi member ebay.com), sehingga orang lain tidak dapat menempatkan tawaran palsu untuk Anda. Untuk barang lelang, proses lelang biasanya memakan waktu satu minggu atau lebih. Jadi jika Anda ingin membeli item dengan cara lelang, Anda harus melakukan penawaran dan kemudian memantau pelelangan bebrapa hari kedepan dan memastikan apakah tawaran Anda menang atau kalah.

Selama proses lelang, anda akan menerima email dari eBay setiap kali Anda dalam atau ketika lelang ditutup. Jika Anda adalah pemenang lelang, pertama anda akan diberitahu oleh eBay, dan kemudian biasanya penjual juga akan mengirimkan email untuk mengatur pembayaran dan pengiriman. Anda juga dapat proaktif dan menghubungi penjual saat lelang selesai untuk melakukan pembayaran. Halaman lelang selalu memberikan rincian pada pilihan pembayaran. Beberapa penjual menerima kartu kredit dan cek atau pesanan uang melalui surat, tetapi sebagian besar menerima PayPal, yang merupakan sistem pembayaran elektronik resmi eBay.

  1. Kerjakan kasus berikut.

Jawaban :

1.       Discovery Agentrics Services akan membantu suatu perusahaan/organisasi untuk menemukan calon supplier yang dapat bersaing sesuai dengan bidang perusahaan yang diminta.

Empat penawaran yang dilakukan Agentrics untuk menemukan spesifikasi yang seseuai dengan permintaan klien :

–          Validate : Pre-qualify supplier melalui RFx online (25-30 hari kerja)

–          Match : Memverifikasi detail spesifikasi supplier untuk tingkat selanjutnya. (14 hari kerja)

–          Confirm : Mengkonfirmasi / memastikan kontak dan produk dan/atau jasa. (10 hari kerja)

–          Find : Menemukan supplier yang berpotensi. (7 hari kerja)

1.       Dengan Agentrics, retailer bisa mendapatkan keuntungan sampai dengan 25%.

Dengan Agentrics, para retailer yang berasal dari berbagai Negara di dunia tergabung dalam. komunitas untuk dapat saling berbagi pengalaman

Agnetrics dapat meningkatkan B2B relationship.

Agentrics memiliki range service yang luas.

Agentrics memiliki lebih dari 100.000 suppliers contact.

 

2.       Manfaat bagi supplier:

–          Untuk mengatasi tantangan dalam sinkronisasi item dan mempercepat jalur orgasnisasi untuk saling bertukar berbasis standar produk data dengan beberapa mitra dagang.

–          Percepatan akses global ke data yang disinkronkan

–          Kecepatan sinkronisasi data diadopsi dari standarisasi proses bisnis

–          Standarisasi kolaborasi bisnis proses, menghasilkan penyimpanan lebih cepat

–          Alat yang digunakan dalam standarisasi, sinkronisasi data lebih kuat dalam kolaboratif yaitu:

–          Memiliki eksposur langsung dan otomatis untuk para pembeli yang berpartisipasi dan  mereka (retailer) yang menggunakan alat-alat online untuk mencari suplier yang berkualitas dan produk baru.

–          Anggota WWRE memiliki volume penjualan tahunan gabungan lebih dari US $ 1 triliun

 

Manfaat bagi retailer:

–          Satu titik akses ke beberapa mitra dagang

–          Satu koneksi ke standar industry

–          Penghematan biaya melalui solusi implementasi

–          Akses ke UCCnet untuk memenuhi permintaan mitra dagang yang kuat

–          Retailer dapat menelusuri kesiapan dari semua suplier mereka untuk GDSN melalui Universitas WWRE dan dapat mengetahui suplier yang telah bersertifikat atau tidak.

–          Adanya “vendor summits”  retailer data bertemu 50 supplier pilihan

–          Adanya “Private Sourcing Events” sehingga retailer dapat bertemu sebelum memilih supplier dalam serangkaian pertemuan pribadi.

–          Adanya “’My Catalog” yang telah diupgrade beberapa kali sejak awal rilis

 

http://www.gmabrands.com/events/docs/datasync/cruzado.pdf

http://wwre.globalsources.com/

 

Save to PDF

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: