Week 6 – Tugas Kelompok 2 – 0204M

26 January 2011 at 22:19 (Konsep E-Business)

Pertanyaan:

  1. Masing-masing tim mendownload sebuah aplikasi gratis dari Groove (groove.net).  Install aplikasi pada masing-masing PC dan cobalah melakukan kolaborasi. Apa yang dapat aplikasi berikan ke kalian? Apa batasannya?
  1. Cobalah masuk ke 3m.com dan smarttech.com. Cari informasi mengenai whiteboard. Bandingkan.
  1. Kerjakan  kasus berikut :

–          Apa tujuan dan keuntungan dari system SYSCO’s ChefEx?

–          Apa sasaran dan keuntungan dari system SYSCO’s RFID?

 

Jawaban

1.      Groove 2007 adalah suatu perangkat lunak untuk program kolaborasi tim yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dan bekerja sama dalam kegiatan proyek. Dari kolaborasi dokumen sederhana untuk custom solutions yang terintegrasi dengan proses bisnis. Tim menggunakan Groove 2007 bekerja di dalam ruang kerja yang kolaboratif, yang menempatkan semua anggota tim, peralatan, dan informasi dalam satu tempat. Dalam ruang kerja Groove, tim tetap up to date secara otomatis dan efisien, dan memungkinkan mereka untuk bekerja di mana saja, kapan saja, dan dengan orang-orang siapa pun, bahkan di luar organisasi. Sehingga mereka dapat menghemat waktu untuk koordinasi dan lebih banyak waktu untuk bekerja.

 

Groove mencakup aplikasi klien dan komponen server. Sebagai anggota tim berkolaborasi dalam sebuah ruang kerja, Office Groove 2007 bekerja dengan Office Groove Server Relay untuk menyimpan salinan setiap anggota tim dari ruang kerja yang disinkronkan, bahkan jika tidak ada dua user sedang online secara bersamaan. Data dalam setiap ruang kerja Groove selalu dilindungi oleh enkripsi 192-bit Advanced Encryption System (AES), apakah itu disimpan pada disk lokal anggota tim, yang ditransfer antara ruang kerja klien di jaringan, atau yang disimpan sementara pada Office Groove Server Relay. Perangkat lunak klien Office Groove 2007 terdiri dari lima elemen utama, yaitu: launchbar, ruang kerja, peralatan, kehadiran dan komunikasi, dan alert. Launchbar adalah titik awal untuk menggunakan Groove dan menyediakan akses yang mudah ke ruang kerja pengguna dan kontak.

 

Teaming Up Across Boundaries

Office Groove 2007 tidak memerlukan jaringan khusus atau hak istimewa domain untuk membuat workspace baru atau menerima undangan untuk bergabung dengan sebuah ruang kerja yang ada. Setiap pengguna dapat membuat ruang kerja dan mengirim undangan dengan alur pesan instan atau e-mail ke calon anggota. Selanjutnya, setiap pengguna Groove dapat menerima undangan, bergabung dengan tempat kerja, menjadi anggota tim, informasi saham, dan berkolaborasi pada proyek tanpa IT atau jaringan afiliasi dengan anggota Groove lainnya. Fungsi ini adalah apa yang memungkinkan kolaborasi tim yang dinamis, bahkan jika anggota tim berasal dari organisasi yang berbeda atau tidak berbagi infrastruktur umum.

 

Staying in Sync

Jika ruang kerja anggota merubah isi di ruang kerja, sebuah “delta” akan dibuat, Yang merupakan unit logis dari sinkronisasi area kerja. Alat ini digunakan untuk membuat perubahan menentukan apa isi dari delta. Sebagai contoh, delta dapat menggambar garis pada alat Sketchpad (sebuah aplikasi papan tulis bersama yang dapat ditambahkan ke ruang kerja Groove), mengubah entri pada kalender, menambahkan anggota ke ruang kerja, atau perbedaan biner antara berubah file dan versi sebelumnya. Jika anggota tidak memasuki ruang kerja selama 21 hari, Office Groove 2007 akan tidak lagi menyinkronkan ruang kerja bagi anggota. Keputusan desain ini didasarkan pada asumsi bahwa lebih efisien untuk kembali mengundang pengguna dan mendapatkan salinan dari tempat kerja dibandingkan dengan 21 hari sinkronisasi data dengan jumlah yang tak terduga dan rumit data dependensi dikembangkan dari waktu ke waktu. Untuk menghindari skenario ini, ini adalah praktek yang baik untuk meninggalkan Office Groove 2007 berjalan saat terhubung ke internet kapan pun mungkin sehingga dapat menyinkronkan Groove segera setelah perubahan diperkenalkan dan menyimpan konten ruang kerja diperbarui setiap saat.

 

Data Transmission Details

Cara Office Groove 2007 mentransmisikan data dalam beberapa hal serupa untuk membuat panggilan telepon. Ketika Alice memanggil Bob, misalnya, jika Bob menjawab, secara logis sambungan telepon ke telepon dibentuk. Jika panggilan tidak dijawab, Alice bisa meninggalkan pesan suara, sehingga Bob bisa mendengarkan pesan suara tersebut pada waktu berikutnya ia memanggil ke dalam kotak pesan suaranya. Sambungan klien-ke-client lebih disukai, namun mungkin tidak diperbolehkan atau tersedia. Sambungan klien-ke-relay, menggunakan koneksi outbound dari klien ke Kantor Groove Server Relay, sering disebut paling umum. Klien dapat melakukan koneksi ke Relay Server Office Groove menggunakan salah satu dari tiga port yang tersedia dan protokol: SSTP /: 2492, SSTP /: 443, dan SSTP yang dienkapsulasi dalam HTTP /: 80. Klien akan secara otomatis mencoba setiap protokol / kombinasi dalam melakukan koneksinya.

 

Presence Awareness Listen

Read phonetically

Office Groove 2007 subscribes informasi keberadaan dari semua kontak di penyimpanan kontak. Penyimpanan itu adalah superset dari daftar kontak (terlihat dari launchbar) ditambah semua anggota area kerja. Meskipun benar bahwa ketika memiliki kontak dalam daftar kontak, dapat men-subscribe kehadiran seseorang, dan juga dapat men-subscribe kehadirannya jika dia tidak dalam daftar kontak, tetapi masih berada dalam ruang kerja. Dengan kata lain, kehadiran subscribe terjadi secara otomatis bila belajar dari seseorang, baik melalui keanggotaan ruang kerja, atau dengan menambahkan ke kontak.

 

Conflict Resolution

Karena Office Groove 2007 menggunakan model desentralisasi untuk kolaborasi, konflik data dapat terjadi dari waktu ke waktu dan akan ditangani secara berbeda berdasarkan perangkat dan tipe data. Setiap kali pengguna sedang online, Office Groove 2007 akan menyinkronkan salinan lokal ruang kerja secara otomatis dengan anggota lain. Tapi ketika pengguna sedang offline dan membuat perubahan ke ruang kerja, online lainnya dan anggota offline dapat membuat perubahan juga. Ketika menghubungkan kembali ke jaringan, Groove Office 2007 klien akan mengidentifikasi dependensi dan cerita bersambung perubahan, sebagaimana berlaku.

 

Roles and Permissions

Office Groove 2007, termasuk kerangka built-in, peran berbasis perizinan yang memberi perlindungan konten ke area kerja secara desentralisasi dalam sebuah alur kerja. Peranan Office Groove 2007 adalah mekanisme kontrol akses untuk mengizinkan pengguna untuk melakukan tugas di ruang kerja dan kegiatan dengan alat individu. Ada tiga peranan built-in: manajer, peserta, dan tamu. Secara default, pencipta ruang kerja adalah manajer dan mereka diundang untuk ruang kerja adalah peserta. Default izin untuk masing-masing peran dapat diubah oleh manajer. Manajer dapat mengundang orang lain sebagai manajer dan peran anggota dapat diubah oleh manajer.

 

Source:

http://msdn.microsoft.com/en-us/office/bb308957.aspxListen

http://technet.microsoft.com/en-us/magazine/2006.10.intothegroove.aspx

 

2.      Whiteboard merupakan alat bantu komunikasi dalam suatu kelompok. Secara tradisional, whiteboard berupa papan dengan warna dasar putih dengan permukaan kedap air yang biasanya ditulisi dengan marker. Sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman, beberapa perusahaan seperti 3M dan SmartTech mengembangkan produk dengan fungsi dasar sama ditambah kelebihan lain untuk mendukung kerjasama kelompok. Perbandingan antara whiteboard tradisional, produk 3M and SmartTech adalah sebagai berikut:

 

Tabel Perbandingan whiteboard tradisional, produk 3M and SmartTech

Tradisional 3M SmartTech
Catatan di simpan secara manual oleh notulis. Catatan dapat disimpan secara  digital. Catatan dapat disimpan secara  digital.
Notulen harus disalin secara manual kedalam bentuk digital. Dapat digunakan untuk masuk kedalam komputer yang terhubung. Dapat digunakan untuk masuk kedalam komputer yang terhubung (SMART Notebook).
Layar pasif. Dapat dipakai untuk mengakses internet atau aplikasi yang tersedia di jaringan. Dapat dipakai untuk mengakses internet atau aplikasi yang tersedia di jaringan.
Layar pasif. Interaktif dengan mempergunakan pen presentasi sebagai alat input. Interaktif dengan alat input mempergunakan sentuhan (tidak hanya pen presentasi).
Tidak bisa dihubungkan ke alat multimedia. Tidak dapat dihubungkan ke alat multimedia. Dapat terhubung ke alat multimedia tambahan.
Konversi manual Konversi manual Catatan dapat langsung disimpan ke format aplikasi yang umum seperti MS Office, Adobe Acrobat, dan/atau AutoCAD.
Distribusi manual. Distribusi manual Catatan dapat didistribusikan secara langsung sesudah atau semasa presentasi, atau siapapun dapat melakukan pencarian data (SMART Notebook & SMART Exchange).
Tidak bisa di kontrol jarak jauh. Tidak bisa di kontrol jarak jauh. Dapat dikontrol dari jauh.

 

3.1.   Tujuan dari system SYSCO’s ChefEx adalah dapat melakukan pemesanan dan pendistribusian produk makanan dan bahan-bahannya kepada pelanggan-pelanggan SYSCO’s  dengan kualitas yang terbaik.

 

Keuntungan system SYSCO’s ChefEx adalah khususnya bagi koki, memungkinkan koki untuk memilih dari berbagai macam produk berkualitas tinggi tanpa harus berinteraksi dengan sejumlah pemasok hebat dan restoran memungkinkan menawarkan item menu yang lebih berkualitas tanpa harus membuat stok bahan-bahan makanan khusus.

 

3.2.   Sasaran SYSCO’s RFID adalah technology RFID yang didesign untuk penyimpanan dan pengiriman bahan makanan dan pruduk yang mudah rusak agar tetap aman dengan menjaga temperature yang telah ditetapkan (2oC – 8oC).

 

Keuntungan system SYSCO’s RFID adalah memastikan kualitas produk agar tetap terjaga dan mengurangi kerugian akibat dari pembusukan.

 

Save to PDF

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: