Week 4 – Tugas Individu 4 – 0204M

26 January 2011 at 21:35 (Konsep E-Business)

Tugas 04 e-Payment Systems

1.     Carilah informasi di website, mengenai pembayaran online yang ada di Indonesia !

2.     Bukalah website www.indomog.com, pelajari bagaimana indomog dapat menjalankan pembayarannya !

 

Jawaban

1.     Secara umum pembayaran transaksi online di Indonesia menggunakan 3 cara yaitu, Paypal, Kartu Kredit, dan Transfer.

Metode pembayaran Paypal adalah sebagai alat pembayaran yang hanya memotong sejumlah dana dari kartu kredit sesuai dengan pembelian. Dana tersebut diberikan pada merchant dengan potongan biaya dari jaringan kartu kredit seperti Visa, dan Mastercard. Sedangkan bila menggunakan paypal sebagai alat untuk menerima pembayaran, maka dana akan tersimpan di Paypal. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu. Metode pembayaran paypal ini tergolong cukup aman karena  kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan Paypal menyatakan pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual.

Metode pembayaran Kartu Kredit adalah suatu metode pembayaran yang sering digunakan dalam transaksi-transaksi pembayaran online melalui visa atau mastercard yang akan dibayarkan terlebih dahulu ke penjual baru akan ditagih ke pembeli melalui tagihan kartu kreditnya. Metode pembayaran kartu kredit belakangan sangat tidak aman karena banyak sekali kejahatan penggunaan kartu kredit (Carder). Salah satu cara yng dilakukan carder adalah email phising yaitu menggunakan email paslu yang dibuat sedemikian rupa sehingga orang yang mendapat email tersebut terpancing menerima keabsahan email tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan dalam email tersebut dipasang logo atau merek dagang institusi kartu kredit yang didomplengnya.

Metode pembayaran Transfer adalah pembayaran barang yang dibeli melalui transfer kerekening penjual baru kemudian barang yang telah dipesan akan dikirimkan setelah dana yang ditransfer telah diterima di rekening penjual. Dengan metode ini masih banyak diminati oleh user di Indonesia karena dinilai masih sangat aman dalam melakukan transaksi pembayaran online.

 

Payment gateway yang ada di Indonesia adalah

–         2CheckOut. Untuk menggunakan jasa 2CheckOut, yang harus dilakukan adalah membayar biaya pendaftarannya (satu kali diawal) terlebih dahulu sebesar $49. Mereka juga akan memotong 5.5% plus $0.45 dari setiap transaksi.

–         Paypal.com. Paypal bisa digunakan sebagai alat pembayaran dan alat menerima pembayaran.

–         Nsiapay.com. Nsiapay adalah payment gateway Indonesia. Dana hasil transaksi akan otomatis ditransfer ke rekening di bank tersebut.

 

2.     INDOMOG adalah perusahaan bisnis e-commerce di Indonesia yang bergerak di bidang Online Multipayment Gateway, yang menyediakan jasa payment secara online dan 24 jam. Pada MOG Mall INDOMOG, telah tersedia voucher game online, yaitu :Dance Jam, Pirate King Online, Ran Online, X-Treme Soccer, Rose Online, Eudemons, Angellove, Ayo Dance, Lineage 2, Domo, World of Warcraft, dan game-game dari publisher Play On, Lyto, Kreon.  Di indomog juga menyediakan voucher HANDPHONE semua operator besar Indonesia, dan cd key untuk software resmi. Para pelanggan dan pemakai juga dapat mengisi ulang atau membeli kredit di station saluran distribusi yang telah disediakan seperti Cyber Café seluruh Indonesia, Online Banking, Mesin ATM dan Chain Retail shop & Retail Shop khusus.

INDOMOG menggunakan pembayaran MOGPAY sebagai platformnya, yang dibangun oleh tim profesional dengan sistem terbaru pencegahan penipuan. MOGPAY mengurangi resiko pembayaran online dan memungkinkan untuk berkembang lebih luas, lebih aman dan partisipasi konsumen yang lebih cepat dalam dunia e-commerce. MOGpay adalah bisnis e-commerce di Indonesia yang menyediakan jasa online payment melalui Internet, juga menggunakan Unified Global Virtual Credits yang dikenal sebagai MOGcash. Untuk mulai menggunakan jasa payment gateway dari MOGpay, yang harus dilakukan adalah melakukan TOP UP terlebih dahulu pada account number yang telah di registrasi. TOP UP sendiri adalah istilah untuk mengisi Saldo di Nomor Account. Pada saat melakukan TOP UP, maka saldo akan terisi sebanyak yang  di TOP UP dengan satuan rupiah. Jika ingin membeli item yang menggunakan MOGcash sebagai currency, maka cara yang digunakan hanya tinggal langsung mengklik beli saja, karena secara otomatis Saldo rupiah akan di koversikan ke MOGcash sesuai dengan harga item yang dibeli. Dengan MOGcash pemain bisa ikut bergabung dalam permainan digital online atau melakukan transaksi lain yang masuk dalam sistem pembayar portal INDOMOG. MOGcash adalah satuan currency / mata uang di Indomog yang digunakan untuk membeli Voucher Game. 1 MOGcash sama dengan 1 rupiah. Dari sisi system keamanannya INDOMOG menggunakan system EV SSL VeriSign (Extended Validation Secure Socket Layer). SSL ini adalah untuk menambah kepercayaan dalam transaksi online dengan situs web yang memerlukan operator untuk menjalani vetting dengan Certificate Authority (CA) untuk mendapatkan sertifikat SSL.

Save to PDF

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: