Week 2 – Tugas Individu 2 – 0394M

26 January 2011 at 22:34 (Analisa dan Perancangan Sistem Informasi)

Tugas Individu

RMSM mempunyai pelanggan yang cukup banyak dan setiap jam makan pasti penuh. Agar dapat melayani pelanggan dengan cepat, pemilik RMSM ingin mengubah sistem dari manual ke Komputerisasi. Gambar diatas adalah denah RMSM yang akan dibuat. Jumlah meja dapat ditambah pada saat RMSM telah menggunakan sistem baru. Berikut ini adalah sistem informasi yang dikehendaki oleh pemilik RMSM.

  • Setiap kali ada tamu datang, waitress mempersilahkan tamu duduk dikursi yang masih kosong dan waitress mencatat pesanan yang dipesan oleh tamu kedalam captain order (bentuknya seperti buku catatan yang dapat disobek), catatan pesanan tersebut dimasukkan kedalam salah satu komputer di captain station yang terdekat dengan meja tamu yang memesan. Jumlah captain station ada 4. Sebelum waitress dapat memasukkan pesanan pelanggan, waitress harus memasukkan nomor meja tamu kedalam captain station, ini disebut open table. Setelah memasukkan pesanan pelanggan, pesanan makanan akan dicetak pada printer yang ada di dapur sedangkan pesanan minuman akan dicetak pada printer yang terdapat pada Bar. Bila ada pelanggan akan menambah pesanan makanan maupun minuman, maka waitress akan menambahkan pesanan tersebut kedalam captain station, prosesnya sama dengan diatas

•         Pada layar kasir akan terlihat meja yang terisi tamu dan sekaligus jumlah rupiah dari pesanan yang dipesan tamu pada meja bersangkutan. Setiap kali waitress memasukkan menu tambahan maka jumlah rupiah pada layar kasir juga bertambah. Bila ada pelanggan yang akan membayar, maka kasir tersebut tinggal memasukkan nomor mejanya kemudian bon akan dicetak. Setelah dilakukan pembayaran, maka jumlah pembayarannya baru dimasukkan dan daftar meja yang ada di layar kasir hilang.

•         Bila ada menu yang telah habis, maka koki (tukang masak) akan memberitahukan pada captain dan captain akan memasukkan data menu yang habis kedalam komputer.

Tambahkan Asumsi bila diperlukan

Tugas Topik 2

– Buat FACTOR Criterion dari kasus diatas !

Jawaban:

F: Mendukung program-program penjualan  RMSM, Mengotomtisasi pesanan makanan dan minuman dan pembayaran dari  pelanggan serta otomatisasi menu bagi koki dan captain.

 

A: Adminisrtasi dari pemesanan tempat, makanan, minuman dan pembayaran, sistem yang mengontrol kebutuhan informasi RMSM, program-program RMSM dan regristrasi/transaksi pelanggan.

 

C: Karyawan RMSM dengan pengalaman administrasi yang berbeda-beda. Serta mempunyai system informasi manajemen pemesanan yang akan menghasilkan produktifitas dan efisiensi kinerja yang dalam proses penjualan, pembayaran dan pemenuhan menu dalam pelaksanan tugas dan tanggung jawab setiap divisi.

 

T: Harga PC dan Printer yang terjangkau yang diterapkan dalam jaringan LAN.

 

O: Pelanggan, Waitress, Kasir, Koki, Captian order (buku catatan/kertas), bag. Keuangan, administrasi, faktur.

 

R: Administratif Tool dan Media Registrasi/Transaksi dalam proses penjualan sebagai sarana media komunikasi  yang baik antar divisi.

 

Save to PDF

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: