Network Computing

2 July 2010 at 16:32 (Konsep Sistem Informasi)

Week 6 – Tugas Individu 4 – 0014M

Tugas Minggu ke-6 / Topik 5

Coorporate portal telah meningkatkan produktifitas di British Aerospace

Menurut perkiraan, lebih dari 80% rata-rata pegawai melakukan pemborosan, dimana 30 menit setiap hari hanya digunakan untuk mencari-cari informasi di internet. British Aerospace (www.baestesystem.com) mempercayai hal tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang pertahanan dan dirgantara tersebut menyadari sepenuhnya bahwa mereka memiliki segudang informasi yang sangat berharga. Sayangnya, kekayaan informasi itu yang semestinya bermanfaat bagi pegawainya ternyata justru menghambat, dan tidak mampu meningkatkan produktivitas pegawai. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan  telah memutuskan untuk membangun corporate portal yang mudah dipergunakan oleh para pegawai sehingga tidak ada lagi waktu yang terbuang hanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Langkah pertama adalah untuk membuat informasi menjadi lebih mudah ditemukan. Unntuk memenuhi hal tersebut, Britsh Aerospace mengunakan software Anatomy (www.anatomy.com) untuk mengintegrasikan semua sumber informasi internal maupun eksternal. Hasilnya membuat navigasi menjadi lebih mudah, seperti direktori pada yahoo. Untuk membuat portal semakin lebih mudah digunakan oleh para pekerja dan untuk dapat digunakan dimana saja, british aerospace menggunakan hypertext yang dapat menghubungan berbagai portal. Akhirnya, perusahaan menggunakan laporan-laporan yang bersifat pribadi dan peringatan agar para pegawai tetap bekerja giat.

Corporate portal telah ditingkatkan untuk dapat akses ke  sumber informasi yang ada di web dan  database, file server, dan juga desktop milik British Aerospace. Portal terbukri telah membuat peningkatan produktivitas para pegawai Brtish Aerospce.

Sumber: diambil dari “Big Chalanges, Big Rewards,” ww.cio.co, 9 Maret 2005; “NewsEdge Desktop Apllication realtime News keeps British Aerospace Proffessionals On Top of Their World,” www.dialog.com/products/casesudies/british.shtml, diakses 29 Maret 2005; dan www.baeportal.datathree.com/, diakses 3 April 2005

Pertanyaan

  1. Apa yang menjadi masalah jika harus memutuskan untuk menaruh informasi di portal? Menemukan informasi yang ada di portal? Bagaimana bentuk format informasi di portal?
  2. Bagaimana portal British Aerospace meningkatkan kualitas pengambilan  keputusan bagi para karyawannya?

Jawaban

1. Yang menjadi masalah jika menyimpan informasi di portal adalah keamanan informasi dari serangan-serangan yang tidak bertanggung jawab yang dikarenakan terdapat bugs diantaranya kesalahan scripting, bugs pada situs tetangga yang satu hosting dan tempat hosting yang bermasalah.

Bentuk format informasi di portal adalah

–          Format text

Pada awal sebuah website dibuat maka sebuah website hanya berisi text-text saja. Text yang dimaksud dalam hal ini adalah huruf dan angka. Dengan text itulah orang saling berkomunasi dari satu belahan dunia kebelahan dunia yang lainnya dengan memakai website.

–          Format Image

Teknologi sebelumnya dalam dunia photographi adalah era photo analog yang memakai roll film atau klise untuk menangkap gambar, menyimpan gambar, dan kemudian mereproduksi gambar. Tetapi dunia kemudian memasuki era Digital. Prinsip dasar dari era digital adalah bahan baku atau content dari sebuah informasi itu tidak lagi hanya dapat disimpan dalam format analog, tetapi dapat disimpan dalam bentuk file data atau file digital. Era digital dalam dunia photographi dimulai dengan ditemukannya alat bernama Scanner, dimana image atau photo yang ada dalam bentuk analog discan dan diubah dalam bentuk file data / digital. Sejalan dengan itu kemudian ditemukan juga camera atau tustel digital. Di mana dengan tustel digital itu, file ditangkap, disimpan, diedit dan direproduksi secara file elektronik atau digital. Karena file gambar atau image sudah bisa disimpan dalam bentuk digital maka kemudian websitepun mulai dikembangakan dengan memakai teknologi ini. Website dengan format barupun muncul. Kali ini bukan saja berisi text. Tetapi website sudah dilengkapi dengan gambar dan photo atau disebut image.

–          Format Flash

Ketika teknologi pengeditan image berkembang, di mana image itu dapat disusun layer per layer dalam time frame secara digital, maka image itu dapat dibuat berpindah dari satu titik koordinat, ke titik koordinat. Jadilah image kelihatan bergerak. Teknologi itu dinamakan teknologi Flash.

–          Format Audio

Dalam dunia audio juga mengalami perkembangan, dari bentuk perekaman dan pengeditan suara dalam bentuk analog atau pita, kepada bentuk perekaman dan pengeditan secara digital. Maka kemudian teknologi itupun dipakai dalam format web yang berikutnya. Pengunjung sebuah website bisa mendengarkan suara orang berbicara walaupun hanya dengan dengan sedikit animasi gambar atau tanpa sama sekali.

–          Format Video

Setelah teknologi image, flash, audio berkembang, maka kemudian berkembang pula teknologi dalam bidang Video atau gambar bergerak, yang dinamakan Video digital. Film yang tadinya direkam dalam bentuk pita dan diedit dalam bentuk analog, beralih menjadi dapat direkam dan kemudian diedit sampai direproduksikan dalam bentuk file data atau digital. Maka sekarang Websitepun mempunyai Format yang semakin canggih di mana orang. Visitor sebuah website bisa mendapat informasi dalam. bentuk film atau video dengan suara yang bagus.  Bahkan youtube bisa membuat orang mempunyai content web yang banyak dalam bentuk video. Orang bisa mempunyai koleksi video dalam websitenya

2. Portal British Aerospace dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bagi karyawan karena dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dalam suatu tim, knowledge management, manajemen dokumen, manajemen waktu, dan manajemen aliran kerja.

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: