Managerial Support Systems

2 July 2010 at 16:47 (Konsep Sistem Informasi)

Week 9 – Tugas Individu 7 – 0014M

Tugas Mandiri

Minggu ke 9

Konsep Sistem Informasi

Cara Aetna Mengikuti Jejak Pencapaian Kinerjanya

(Aetna Keeps Track of its Performance)

Di tahun 2000, Aetna suatu perusahaan raksasa di bidang asuransi menemukan kesimpulan bahwa sistem klaim harus lebih dulu dirapikan dengan gebrakan, dilanjutkan dengan usaha memperbaiki hubungan dengan dokter dan menggunakan teknologi untuk mendukung kesehatan rekening perusahaan agar mampu untuk menutup biaya klaim medis. Menjelang tahun  2004, perusahaan telah melakukan suatu perubahan arah usaha. Hal yang sangat terkait erat dengan perubahan arah usaha adalah ketersediaan informasi yang lebih baik, perbaikan dari pengelolaan data dan sistem dukungan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Aetna telah menerapkan Pengelolaan Sistem Informasi eksekutif (Executive Management Information System – EMIS), suatu aplikasi dukungan keputusan yang memungkinkan perusahaan dapat mengukur kinerja perusahaan dengan lebih akurat. Perusahaan juga mengusahakan penggunaan yang lebih efektif dari suatu data warehouse yang mengkombinasikan data klaim dengan laporan hasil pemeriksaan  medis yang  kualitatif, seperti  berikut ini.

EMIS mengumpulkan data kinerja, mulai dari laporan keuntungan dan kerugian (profit-and-Ioss statement) sampai ke laporan kemampuan meningkatkan jumlah pelanggan, melalui lusinan database operasional yang membantu proses keuangan, klaim, dan biaya medis (medical-cost) dan system penelusuran kualitas (quality-tracking system). Sistem tersebut juga dapat mengakurkan perbedaan yang terjadi saat data direkam dengan  system aplikasi yang berbeda. Sistem ini memungkinkan para manajer mendapatkan konsistensi, yaitu  pandangan yang menyeluruh atas beberapa aspek kinerja perusahaan. Sebagai contoh, dapat menyediakan standar profit-and-Ioss yang sama untuk seluruh divisi dan lini produk. EMIS juga menggunakan pengertian yang umum dipakai tentang profit-and-Ioss dan ukuran kinerja lain  di seluruh divisi sedemikian rupa  sehingga para manajer secara jelas dapat melihat hasil yang jadi tanggung-jawab mereka.

Dengan EMIS,  Aetna bisa mengimplementasikan apa yang disebut  “a progressive monthly close” (menutup laporan bulanan secara progresif). Dengan kata lain, para manajer pada setiap tingkatan akan menerima suatu potret (snapshot) kinerja mingguan tanpa harus menunggu laporan pembukuan di akhir bulan. Proses ini memungkinkan manajemen puncak untuk merespon dengan lebih cepat atas masalah-masalah yang ada dalam pencapaian kinerja.

Aetna memiliki data warehouse sebesar 14-terabyte yang terdiri dari biaya medis dan data mutu medis (medical-quality data), dapat membantu penurunan biaya medis dengan menekankan pencegahan dibanding perawatan terbatas (limiting care). Contohnya, Aetna menggunakan alat dukungan keputusan dan data warehouse nya untuk mengidentifikasi ahli bedah mana saja yang melakukan banyak operasi dengan sukses, tetapi dengan komplikasi yang paling sedikit. Salah satu rencana terbarunya, perusahaan akan mengarahkan nasabah untuk berhubungan dengan ahli bedah yang terbaik melalui  suatu insentif dengan suatu pembayaran (co-payment) yang lebih baik, meskipun untuk itu Aetna harus membayar dokter itu lebih banyak dari sejawat yang kurang berbakat. Dalam jangka panjang, ternyata cara ini lebih murah,  karena pasien akan lebih sedikit memerlukan tindakan lanjut untuk perawatannya. Hal itu berarti akan mengurangi beban Aetna atas klaim pengobatan yang berulangkali untuk kasus yang sama.  EMIS dan data warehouse telah membantu Aetna menyelidiki sekitar 160,000 contoh kesalahan tindakan medis yang potensial (malpraktek).

Sumber: Dikumpulkan dari D. Carr, “The Aetna Cure,” Base­line Magazine, February 1, 2005; “Aetna Promotes Healthy Living While Controlling Costs with DB2 Data Warehouse,” http://www-306.ibm.com; dan www.aetna.com diakses , April 6, 2005.

Pertanyaan

1           Seharusnyakah seorang dokter diberi peringkat oleh perusahaan asuransi? Apabila harus demikian, dengan standar apa seharusnya digunakan oleh perusahaan? Jenis hukuman atau tindakan apa yang seharusnya dikenakan perusahaan asuransi kepada dokter yang berkinerja rendah (low ratings)?

2           Apa saja keuntungan penggunaan aplikasi EMIS di Aetna? Adakah kekurangannya?

Jawaban

  1. Ya seorang dokter harus diberi peringkat untuk dapat mengukur kinerja Menurut pendapat saya, lebih tepatnya bukan pemberian peringkat melainkan mengevaluasi kinerja dokter yang kurang professional. Standar yang harus dievaluasi  dari kinerja dokter adalah pelayanan kepada peserta asuransi, kemampuan menganalisa terjadinya penyalahgunaan faedah/benefit baik dari segi obat-obatan, kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik, Aktif, teliti, cooperatif, proaktif, cepat belajar dan bisa bekerja sendiri / dalam team. Jenis hukuman atau tindakan kepada dokter yang berkinerja rendah adalah pemberian surat peringatan (SP), pemutusan hubungan kerja.
  2. Keuntungan-keuntungan menggunakan aplikasi EMIS di aetna adalah:

–       Manajemen data menjadi lebih baik yaitu dapat meningkatkan pengukuran kinerja perusahaan, serta penggunaan lebih efektif dari sebuah warehouse yang mengkombinasikan data klaim dengan ukuran kualitatif hasil medis.

–       Menutup laporan bulanan secara progresif yaitu para manajer pada setiap tingkatan akan menerima suatu potret (snapshot) kinerja mingguan tanpa harus menunggu laporan pembukuan di akhir bulan. Proses ini memungkinkan manajemen puncak untuk merespon dengan lebih cepat atas masalah-masalah yang ada dalam pencapaian kinerja

–       Dukungan format data dari aplikasi yang berbeda

–       Menanggapi peluang pelanggan baru pada waktu yang tepat

–       Mereproduksi kesuksesan bisnis di pasar baru

–       Mengintegrasikan akuisisi baru dengan cepat

–       Memastikan bahwa para pengambil keputusan di tingkat daerah secara simultan melakukan yang terbaik bagi pelanggan dan perusahaan

–       Pendapatan dan laba tumbuh 35% dalam 3 tahun (2004-2007)

Ya ada kekurangan dalam menggunakan aplikasi EMIS di aetna yaitu harus mengeluarkan jutaan dolar untuk investasi

Save to PDF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: