Week 7 – Tugas Individu 7 – 0204M

26 January 2011 at 21:49 (Konsep E-Business)

Tugas :

  1. Sebutkan karakteristik agar penyelenggaraan e-tailing dapat berhasil
  2. Jelaskan perbedaan antara lima model yang diklasifikasikan menurut penggungaan saluran penyebarannya.
  3. Kerjakan kasus dibawah ini.

(diambil dari buku Electronic Commerce, 2008)

Jawaban

  1. Karakteristik agar penyelenggaraan e-tailing dapat berhasil adalah:

a. Menyediakan barang dengan karakteristik:

Merek terkenal dan bergaransi

Produk digital

Item barang yang Sering dibeli, tidak mahal

Item yang sudah dikenal  dengan spesifikasi standard

b. Model bisnis B2C:

Menawarkan barang berkualitas dengan harga yang bagus

customer service yang ramah

Pengiriman cepat

Aturan pengembalian yang baik

Menawarkan jutaan item

c. Membuat rencana marketing:

Product—ketersediaan barang

Price of the products / harga produk

Promotion of products (advertisements and giveaways) / promosi produk

Packaging and delivery / packing dan pengantaran

d. Penyediaan fitur

Mudah menjelajah dan mencari

Informasi produk yang bermanfaat

Review, rekomendasi, dan personal

Seleksi yang luas dan harga murah

Sistem pembayaran yang mudah (teknologi orede 1-klik)

Departemen pemberi hadiah

Komunitas online

Pembayaran yang aman

e. Membuat manajemen hubungan dengan customer

Menciptakan front end yang menarik dan informatif

Otomatis dan support back-end yang efisien

Pelayanan personal

Konsumen yang kembnali dikenali dari namanya

Penyediaan daftar keinginan konsumen

Memberikan E-mails rekomendasi pembelian kepada konsumen berdasarkan history pembeliannya

 

  1. Perbedaan antara lima model yang diklasifikasikan menurut penggungaan saluran penyebarannya

1. Mail-order retailer that go online

Secaramudah menambah saluran distribusi dengan internet. Beberapa dari pengecer biasanya juga beroprasi secara fisik, tetapi mereka biasanya saluran distribusinya secara direct marketing

2. Direct marketing from manufacturers

Kebanyakan dari manufaktur ini adalah click and mortar, dan juga menjual di dalam toko fisiknya atau melalui retailer, Disintermediation— menghilangkan bisnis proses dalam rantai supply barang, memendekkan rantai distribusi dengan cara : menghilangkan yang tidak efisien, memendekkan waktu pengiriman, membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

3. Pure-play e-tailers

Menjual lewat internet tanpa channel sales phisical , dan semua aktivitas bisnis dilakukan online, E-tailer ini tidak memiliki toko secara fisik, hanya mempunyai penjualan online.

Tujuan Umum e-tailers (Amazon.com): Banyak products, Banyak konsumen.

E-Tailer khusus (CatToys.com):  Spesifik satu jenis produk, Banyak permintaan item /jenis, Permintaan konsumen

4. Click-and-mortal retailer.

Melakukan aktivitas EC, tetapi aktivitas bisnis utama dilakukan di dunia fisik, support permintaan  build-to-order secara efective, tambahan channel marketing  yang konvensional . Click and mortar dirujuk untuk bisnis traditional yang mengembangkan website untuk mendukung aktifitas bisnisnya.

5. Internet (online) malls

Dimana pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar produk, jasa, uang, atau informasi dan melibatkan banyak jumlah dari toko mandirinya. Model B2C dan Toko Spesial

1.1. Persamaan Wal Mart dan Amazon  adalah baik wallmart dan amazon merupakan perusahaan retail yang menerapkan teknologi informasi untuk kegiatan bisnisnya, yaitu dengan menjual produk  melalui media internet sehingga mampu menjadi perusahaan retail dengan harga murah, layanan yang unggul serta memiliki pilihan produk yang luas. Serta menjadi perusahaan berpendapatan jutaan dolar di dunia.

Keunggulan dari Wal Mart

 

Wal Mart mengaplikasikan sistim informasi pada pergudangan, komputerisasi manufaktur, titik penjualan dan pemrosesan pesanan online, serta manajemen hubungan pelanggan dan pemasok. Unggul dalam harganya yang rendah, pilihan produk yang sangat luas, layanan yang baik logistik yang menjaga harga tetap murah dan menjaga ketersediaan barang dan memiliki teknologi informasi yang maju. Wal Mart juga menerapkan RFID, yaitu pembuatan forecasting produksi dan pendistribusian barang menjadi lebih efisien[1], pemantauan keberadaan dan ketersediaan inventory menjadi lebih mudah, masalah stock opname maupun pencurian dapat diatasi, ketersediaan dan pergerakan barang selalu diperbaharui, meningkatkan promosi, menghemat dana dari biaya tenaga kerja, kerugian out of stock dan penyusutan barang, mencegah pemalsuan serta menjamin keamanan dan kelayakan produk. Wal-Mart unggul pada teknologi komunikasi via satelit untuk distribusi dan logistiknya, sehingga biaya logistik maupun distribusi menjadi efisien. Wal-Mart menjadi pemimpin retail, karena mampu membawa kemajuan teknologi informasi. Selain itu  Wal Mart memiliki sumber daya keuangan, sumber daya fisik, struktur organisasi dan teknologi, sumber daya manusia, kemampuan berinovasi yang handal serta reputasi yang baik. Wal-Mart memiliki inovasi dalam memadukan layanan belanja berdiskon, pusat optik, studio lukis, pemotretan, telepon seluler, salon, penyewaan video film, dan gerai makanan ringan. Selain itu, Wal-Mart juga mendominasi pasar retail hingga ke pasar global. menggunakan perangkat lunak khusus untuk operasi intern perusahaan, sehingga memberikan biaya produk dan layanan menjadi efektif.

Keunggulan Amazon

Amazon memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk tersebut, sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan. Usaha & eksperimen yang dilakukan untuk membuat proses berbelanja lewat internet berlangsung secepat & sesederhana mungkin. Membuat pelanggan menikmati pelayanan eksklusif yang tidak dapat disediakan oleh toko biasa lainnya. belanja di Amazon adalah dalam hal kenyamanan. Karena cukup duduk dengan manis di rumah, kantor bahkan warnet lalu browsing di komputer atau laptop kita untuk mencari produk yang kita inginkan di Amazon. Tinggal klik. Dan barang yang kita pesan datang sendirinya.  Terkadang harga produk di internet digunakan sebagai patokan harga barang-barang yang perlu dibeli konsumen. Dengan menyadari betapa lebih murahnya barang-barang yang dijual online, pelanggan mulai membudi dayakan pembelian melalui internet demi menghemat pengeluaran. amazon.com dilengkapi dengan suatu sistem yang menyimpan data suatu produk yang pernah dibeli oleh pelanggannya dan merekomendasikan produk yang serupa serta terkait. Di Amazon tersedia berbagai macam barang dan produk, dari peralatan rumah tangga, barang electronik, buku, majalah, dvd, software, peralatan olah raga, airsoftgun dan lain2.

1.2. Pemanfaatan teknologi informasi yang tidak optimal, akan membuat pemborosan pada investasi di dalam teknologi informasi tersebut pendapatan yang rendah serta pasar yang sempit akan mempengaruhi daya beli dan kemampuan menekan harga menjadi rendah pada perusahaan menjadi buruk perusahaan tidak berorientasi pada pelanggan, akan menimbulkan kekecewaan pada pelanggan. Sehingga pelanggan beralih ke pesaing. Dengan kemajuan teknologi informasi yang dimiliki Wal Mart, serta pelayanan yang maksimal terhadap pelangan, sudah tentu Wal Mart akan mendominasi penjualan online. Banyak hal kenapa Wal Mart akan mampu mendominasi penjualan online, diantaranya adalah Penerapan teknologi informasi pada bisnis di dalam menciptakan keunggulan kompetitif. memberi daya saing dan kemampuan bertahan di dalam persaingan yang ketat mengunci para customers dari para kompetitor meningkatkan daya beli dan kemampuan menekan harga menciptakan efisiensi, meminimalisir tindak kriminalitas serta tingkat kesalahan kerja membina kemitraan yang saling menguntungkan dengan pesaing dan perusahaan lainmenciptakan image serta reputasi yang baik. Dan kendala yang menghambat penjualan online Wal Mart adalah peran kompetitor yang menawarkan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. kurang terjalinnya kerjasama yang baik dengan pemasok, pesaing dan perusahaan lain, akan menyebabkan ketidakpastian pada bisnis dan persaingan yang tidak sehat.

1.3. Tabel Perbandingan WalMart dan Amazon dari segi website:

Materi pembanding

Walmart

Amazon

Kelengkapan Informasi

Lengkap karena disertai dengan demo produk

Cukup lengkap namun belum ada Demo Product

Kredibilitas Isi

Terpercaya karena hampir semua menjadi reseller dan partner resmi dari hampir semua produk

Terpercaya karena hampir semua menjadi reseller dan partner resmi dari hampir semua produk

Integrasi Konten

Cukup terintegrasi dengan informasi yang berkaitan dengan produk lain

Cukup terintegrasi dengan informasi yang berkaitan dengan produk lain

Personalization of Information

Informasi dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan

Informasi dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan

Customize Interface

Tidak dapat di customize

Tidak dapat di customize

Personalization of Layout

Ada pilihan untuk menampilkan produk secara Grid atau List

Tidak ada pilihan untuk menampilkan produk secara grid atau list

Kenyamanan Navigation Tools

Nyaman

Nyaman

Fasilitas Navigation Tools

Lengkap

Lengkap

Kecepatan

Cukup cepat

Cepat dalam diakses

Real Time Information

Up-to-date

Up-to-date

Browser Capability

Dapat diakses di semua Browser

Dapat diakses di semua Browser

Representasi Grafis

Simpel dan tampilan warna yang cukup standard

Cukup menarik namun kurang adanya penekanan terhadap penampilan promo dan produk di halaman awal

Keberadaan dan Penempatan Gambar, Suara, serta Video

Kurang efektif karena tidak memanfaatkan halaman awal sebagai etalase

Cukup efektif dalam menempatkan gambar, suara, atau video pada halaman awal namun kurang lebih ditekankan lagi sebagai etalase.

Usability Gambar, Suara, dan Video

Relatif sama namun adanya tambahan video Demo pada produk memberikan nilai tersendiri

Cukup membantu user dalam mencari informasi mengenai sebuah produk

 

1.4. Layanan online yang dapat dibeli di wal-mart adalah wal-mart hanya menawarkan beberapa barang dagangan online, tetapi pemilihan meningkat, termasuk item yang tidak tersedia di beberapa atau semua toko (misalnya, spa, kasur). Tahun 2004 Wal-mart mulai menjual lagu online juga sweater dan kursi pijat shiatsu.

1.5. Walmart menjual lagu online hanya terdapat tiga pilihan, MP3 download, Music CDs dan Soundchek. Produk yang ditawarkan sangat banyak dan selalu up to date dengan lagu-lagu  baru. Sedangkan apple itunes, dirancang khusus untuk dunia musik maka tampilan fitur-fiturnya jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan WalMart.

1.6. Wal Mart mengembangkan layanan jual/sewa film secara online. Namun layanan tersebut hanya bertahan selama setahun dan harus ditutup pada tahun 2007. Hingga kini Wal Mart hanya mempertahankan penjualan musik online. Wal-Mart memasuki pasar yang cukup menarik bagi pendatang baru. Di bulan November, Best Buy Co Inc mencapai kesepakatan dengan Sonic solutions untuk melisensikan layanan download film Roxio CinemaNow. Berharap dapat bersaing dengan perusahaan yang sudah terlebih dulu menjejakkan kakinya di industri ini,termasuk dengan Amazon.com Inc dan iTunes Store milik Apple Inc.Wal-Mart mengatakan Vudu akan menjadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya ketika kesepakatan terealisasi dalam beberapa pekan mendatang.Jaringan penyewaan film seperti Blockbuster Inc mengalami stagnasi bisnis ketika konsumen semakin memilih kenyamanan, kapasitas interaktif dan kepuasan instan video on-demand ketimbang melalui perjalanan ke toko.

1.7. Pada Wal Mart, kelengkapan informasi Lengkap karena disertai dengan demo produk, kredibilitas isinya Terpercaya karena hampir semua menjadi reseller dan partner resmi dari hampir semua produk, integrasi konten Cukup terintegrasi dengan informasi yang berkaitan dengan produk lain, Personalization of Information: Informasi dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan, Personalization of Layout: Ada pilihan untuk menampilkan produk secara Grid atau List.

Pada target mark and spencer, tampilan webnya sangat sederhana, terlalu banyak teks. Dan fitur-fiturnya tidak terlalu lengkap. Dan produk yang di pasarkan tidak selengkap WalMart.

 

Pada target.com, pengklasifikasian barang yang dijual sangat detail, terdapat splash barang-barang unggulan, terdapat fasilitas pencarían barang  yang dapat memudahkan pelanggan mencari barang yang dinginkan, mempuyai kerjasama dengan facebook dalam hal credit gift card, mempunyai program belanja hemat dengan menggunakan Red Card yang akan dapat diskon 10%.

 

Pada Sears.com, kategorisasi barang sangat baik, dapat mengkonversi harga sesuai dengan negara masing2, terdapat fasilitas pencarían barang  yang dapat memudahkan pelanggan mencari barang yang dinginkan, terdapat katalog, mempunyai sear community.

 

1.8. Internasional costomer di Wal Mart merupakan komunitas pelanggan yang setia kepada Wal Mart untuk melakukan pembelian produk di Wal Mart. Namun beberapa kali terjadi insiden yang mengarah ketindakan rasisme, dimana terjadi diskriminasi terhadap komunitas minoritas pelanggan yang berkulit hitam. Yang mengusir pelanggan-pelanggannya yang berkulit hitam. Akibatnya aksi tersebut membuat para masyarakat kulit hitam berencana memboikot gerai supermarket tersebut sehingga pemilik Walmart menyampaikan permohonan maafnya. Ketika banyak pengunjung kulit hitam yang berbaur dengan pengunjung lainnya sedang asyik berbelanja. Tiba-tiba dari pengeras suara diumumkan bahwa mereka yang berkulit hitam harap meninggalkan gerai supermarket tersebut. Ternyata kejadian terkait rasisme tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi di Wal-Mart. Pada Februari 2009, Wal-Mart diwajibkan membayar US$17,5 juta akibat melakukan diskriminasi terhadap beberapa supir truknya dari suku tertentu.

Save to PDF

 

Tugas :

  1. Sebutkan karakteristik agar penyelenggaraan e-tailing dapat berhasil
  2. Jelaskan perbedaan antara lima model yang diklasifikasikan menurut penggungaan saluran penyebarannya.
  3. Kerjakan kasus dibawah ini.

Leave a comment